Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Tahun ini libur Lebaran pemerintah menerapkan libur lebaran yang cukup panjang dibandingkan dengan tahun lalu, hal ini membuat masyarakat dapat pergi mudik. Sebelum mudik simak tips meninggalkan rumah dengan aman dibawah ini!

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran
Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran. Gambar : Unsplash.com/Dok. Nare Gevorgyan

BaperaNews - Tahun ini libur Lebaran yang dibuat oleh pemerintah cukup panjang dibandingkan dengan masa liburan dua tahun lalu ketika pandemi covid19 sedang tinggi-tingginya, kini angka kasus covid19 semakin menurun diiringi dengan kekebalan masyarakat yang semakin membaik dengan adanya vaksin covid19, sehingga pada tahun ini masyarakat sudah boleh mudik lebaran.

Mudik tentu dilakukan hingga liburan usai untuk memuaskan kegembiraan bertemu dengan keluarga, biasanya rumah ditinggalkan dan tak jarang menjadi ajang untuk orang-orang tidak bertanggung jawab berbuat kejahatan, sebab perlu Anda meninggalkan rumah dengan aman.

Berikut ini 6 tips meninggalkan rumah saat mudik agar aman ketika mudik Lebaran nanti.

  1.       Pastikan semua pintu dan jendela terkunci

Tips meninggalkan rumah saat mudik yang pertama, pastikan Anda tidak lupa mengunci pintu dan jendela sebelum pergi mudik, hal ini penting sebab pintu dan jendela bisa jadi jalan utama untuk masuk, termasuk jika ada yang berniat buruk di rumah Anda, pasang gembok jika perlu dan tutup rapat.

  1.       Cabut aliran listrik dan gas

Tips meninggalkan rumah saat mudik yang kedua perhatikan listrik dan gas. Listrik dan gas tidak akan terpakai ketika Anda mudik, Anda bisa mematikannya untuk lebih aman ketika ditinggalkan sehingga menghindari konslet listrik atau arus lainnya yang bisa saja terjadi ketika rumah Anda tinggalkan.

  1.       Matikan semua air keran

Air keran juga penting untuk dimatikan, mungkin dianggap bukan hal bahaya bagi sebagian orang, namun jika berlebihan bisa merusak saluran air Anda dan air bisa masuk ke seluruh penjuru rumah yang akhirnya bisa merusak perabotan.

Baca Juga: Catat! Ini Waktu Yang Dianjurkan Untuk Membayar Zakat Fitrah

  1.       Simpan benda berharga

Benda berharga seperti perhiasan yang tidak Anda bawa mudik, simpan di tempat yang aman, misalnya di brankas, dalam lemari, dan lainnya yang menurut Anda tidak akan bisa diambil atau ditemukan dengan mudah.

  1.       Pasang CCTV

Cara ini ialah yang paling aman untuk Anda meninggalkan rumah ketika mudik, CCTV bisa merekam segala aktivitas di rumah Anda selama ditinggalkan, Anda juga bisa memeriksanya secara langsung jika CCTV tersambung dengan ponsel Anda, CCTV juga akan memudahkan untuk melacak jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1.       Lapor tetangga dan RT atau satpam

Tips meninggalkan rumah saat mudik terakhir bisa menitipkan rumah ke tetangga atau orang terdekat. Tidak semua orang di Indonesia akan mudik, atau mungkin jadwal mudik tiap orang berbeda, sebelum mudik, laporkan pada tetangga dekat yang Anda percaya, juga pada RT setempat dan satpam penjaga kompleks, dengan demikian mereka bisa ikut menjaga dan memastikan rumah Anda dalam keadaan aman ketika ditinggal mudik.

Baca Juga: 10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga