Steam Luncurkan Steam Families, Fitur Berbagi Bermain Game Bersama Keluarga

Hadirnya Steam Families, pengguna dapat dengan mudah berkolaborasi dalam bermain game dengan anggota keluarga mereka. Simak Selengkapnya!

Steam Luncurkan Steam Families, Fitur Berbagi Bermain Game Bersama Keluarga
Steam Luncurkan Steam Families, Fitur Berbagi Bermain Game Bersama Keluarga. Gambar : Dok. Valve Software

BaperaNews - Platform distribusi game terkemuka, Steam, telah meluncurkan fitur terbaru yang dinamakan "Steam Families". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi koleksi game dengan anggota keluarga mereka, serta memungkinkan sebaliknya. 

Steam Families menggantikan fitur pendahulunya, Steam Family Sharing, yang dikenal berguna untuk berbagi game dengan keluarga, serta Steam Family View yang memungkinkan pengguna membatasi akses anak-anak terhadap sejumlah fitur di platform tersebut.

Perbedaan utama dari fitur baru Steam Families adalah penghapusan batasan jumlah pengguna yang dapat bermain game dari perpustakaan (library) keluarga, mempermudah pembelian game untuk anak, dan menambahkan kontrol orangtua.

Sekarang, setiap anggota keluarga dapat mengakses atau meminjam library, berbeda dari mekanisme sebelumnya yang memungkinkan satu pengguna dalam satu waktu meminjam library. 

Namun, jumlah anggota keluarga di Steam Families tetap dibatasi hingga enam pengguna saja, sejalan dengan batasan jumlah anggota di Steam Family Sharing. 

Meskipun demikian, tidak ada batasan untuk jumlah perangkat yang dapat diotorisasi, berbeda dari batasan 10 perangkat di Family Sharing.

Kebaruan lainnya adalah kemampuan pengguna untuk bermain game milik keluarganya ketika keluarga tersebut sedang online dan bermain game lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses koleksi game keluarga dengan lebih fleksibel.

Namun, pengguna tidak dapat bermain game yang sedang dimainkan oleh anggota keluarganya, kecuali jika mereka meminta keluarganya untuk berganti giliran, atau alternatifnya membeli game tersebut. 

Baca Juga : Sony Akan Rilis PS5 Pro Akhir Tahun Ini, Performanya Lebih Tajam

Pengguna masih dapat bermain game di library keluarga secara offline, yang merupakan perubahan signifikan dari sistem sebelumnya.

Fitur game keluarga di Steam ini juga memungkinkan gamer untuk membuat data save sendiri, mendapatkan pencapaian (achievements) Steam dalam game yang dipinjam, serta menerima akses untuk mengunduh file modifikasi (mod) di Steam Workshop.

Namun, perlu dicatat bahwa game hanya dapat dibagikan jika developer game tersebut memilih untuk ikut serta dalam skema Steam Families, mirip dengan fitur Steam Family Sharing. 

Game gratis (free-to-play) atau game yang memerlukan akun atau langganan pihak ketiga tidak dapat dibagikan.

Selain itu, Steam Families juga menyediakan alat kontrol orangtua yang memungkinkan mereka untuk membatasi akses anak-anak terhadap suatu game, mengawasi waktu bermain, dan menentukan batasan waktu bermain. 

Semua informasi dan kontrol ini tersedia dalam aplikasi Steam, termasuk pada perangkat mobile, memungkinkan orangtua untuk memantau aktivitas anak mereka dengan lebih baik, bahkan saat mereka berada di luar rumah.

Fitur Steam Families masih dalam tahap uji coba alias beta. Pengguna yang ingin mencobanya dapat bergabung dengan program beta Steam melalui aplikasi Steam. 

Proses pembuatan Steam Families dilakukan melalui halaman "Store" di Steam, diikuti dengan mengundang anggota keluarga untuk bergabung.

Baca Juga : Bocah Kelas 6 SD di Lampung Berhasil Bikin Game Android