Kartu Prakerja Gelombang 66 Resmi Dibuka, Begini Syaratnya!

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 66 sudah dibuka! Dapatkan semua informasi tentang cara daftar, syarat, dan manfaat dari program ini sebelum ditutup pada 22 April. Simak selengkapnya di sini!

Kartu Prakerja Gelombang 66 Resmi Dibuka, Begini Syaratnya!
Kartu Prakerja Gelombang 66 Resmi Dibuka, Begini Syaratnya!. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 66 resmi dibuka pada Jumat (19/4), seperti yang diumumkan melalui akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id pada hari yang sama. Proses pendaftaran akan ditutup pada Senin (22/4) pukul 23.59 WIB.

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan dukungan pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan kepada masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto sebelumnya telah mengungkapkan bahwa program Kartu Prakerja di tahun 2024 akan menyasar 1,14 juta peserta. Kuota tersebut akan dibuka secara bertahap dalam beberapa gelombang pendaftaran, dimulai dari gelombang 66 ini.

Kartu Prakerja ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), serta pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Peserta program akan mendapatkan berbagai insentif, di antaranya insentif sebesar Rp600.000 yang diberikan satu kali, insentif Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei program, serta saldo pelatihan sebesar Rp3.500.000.

Baca Juga: Kementerian PUPR Buka Lowongan Kerja, Ada Posisi Admin!

Untuk mendaftar, terdapat sejumlah syarat Kartu Prakerja yang perlu dipenuhi, antara lain:

  • Status sebagai pencari kerja atau pekerja yang terkena PHK
  •  Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia paling rendah 18 tahun dan maksimal 64 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  • Beberapa profesi tertentu tidak memenuhi syarat, seperti pejabat negara, anggota DPRD, aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala dan perangkat desa, serta direksi, komisaris, dan dewan pengawas BUMN atau BUMD.

Bagi calon peserta yang belum memiliki akun Prakerja, dapat membuatnya melalui website www.prakerja.go.id. Setelah memiliki akun, calon peserta dapat bergabung dengan program Kartu Prakerja dengan mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar Lowongan Kerja Freeport untuk Lulusan Sarjana