UPTD Puskesmas Batang Pane II Laksanakan Rapat Lintas Sektor Perkuat Kerja Sama Semua Elemen, Tingkatkan Capaian Kesehatan Masyarakat

Rapat lintas sektor UPTD Puskesmas Batang Pane II membahas evaluasi dan peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Halongonan Timur. Baca selengkapnya di sini!

UPTD Puskesmas Batang Pane II Laksanakan Rapat Lintas Sektor Perkuat Kerja Sama Semua Elemen, Tingkatkan Capaian Kesehatan Masyarakat
UPTD Puskesmas Batang Pane II Laksanakan Rapat Lintas Sektor Perkuat Kerja Sama Semua Elemen, Tingkatkan Capaian Kesehatan Masyarakat. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Rapat Lintas Sektor UPTD Puskesmas Batang Pane II Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara telah diselenggarakan di Aula Kantor Camat Halongonan Timur pada Kamis (25/4/2024).

Rapat Lintas Sektor tersebut dihadiri oleh Camat Halongonan Timur, Ahmad Syukri Siregar, SSTP, M.AP, yang diwakili oleh Sekretaris Camat Harry Mangaraja Harahap, Plt. Puskesmas Batang Pane II, dr. Sopyan Dedi Siregar, Korcab KB Halongonan Timur Hapni, Bhabinkamtibmas Aiptu Pasomal Siregar, Babinsa Kopda A.S. Harahap, para Kepala Desa, para Bidan Desa, staf Puskesmas Batang Pane II, dan undangan lainnya.

Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Camat Harry Mangaraja Harahap yang mewakili Camat Halongonan Timur, Ahmad Syukri Siregar, SSTP, M. AP. Beliau menyampaikan dukungannya terhadap terlaksananya rapat lintas sektoral yang dapat menghasilkan poin-poin untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama di kecamatan Halongonan Timur.

Dalam rapat tersebut, dibahas evaluasi, mencari solusi, dan peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat. Harry Mangaraja juga menyampaikan bahwa pihaknya dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang kesehatan senantiasa bekerja sama dan akan terus berkontribusi dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saat ini pemerintah sedang meningkatkan perhatiannya kepada penanganan kesehatan masyarakat, sebagai pimpinan kewilayahan tentunya kami akan terus bersinergi bersama instansi terkait untuk percepatan penanganan kesehatan masyarakat di Kecamatan Halongonan Timur ini,” ujarnya.

Selain itu, juga disampaikan bahwa program kesehatan yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan oleh Puskesmas kepada berbagai pihak dengan harapan dapat mensinkronkan dan mengintegrasikan pelaksanaan program kesehatan dengan pelaksanaan program di lintas sektor.

“Puskesmas memiliki peran penting sebagai media pelayanan kesehatan masyarakat, untuk itu perlu adanya sinergi yang baik antara Puskesmas dengan segenap elemen, termasuk kami pemerintahan kecamatan dan pemerintahan di desa. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan berbagai kerja sama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat," tambahnya.

Harry Mangaraja Harahap menekankan bahwa pihaknya akan terus ikut mendampingi segala kegiatan ini di masyarakat dalam artian untuk mengetahui segala perkembangan sampai kepada masalah kesehatan di wilayah binaan.

Selanjutnya dalam rapat tersebut, sambutan dari Plt. dr. Sofyan Dedi Siregar menyampaikan bahwa pentingnya kerja sama dalam rapat lintas sektoral ini untuk mencari solusi bagaimana mengatasi kekurangan-kekurangan program kegiatan yang belum dapat tercapai.

Dr. Sofyan dalam rapat tersebut berharap juga kerja sama dan sinergi yang baik antara petugas Puskesmas dengan Kecamatan, Kepala Desa, dan seluruh elemen agar program kegiatan pemerintah mengenai kesehatan masyarakat terus meningkat, khususnya wilayah kerja Puskesmas Batang Pane II ini.

"Puskesmas tidak akan berhasil tanpa adanya kerja sama yang baik dengan semua elemen. Mustahil kegiatan program pemerintah mengenai kesehatan masyarakat dapat dicapai. Oleh karena itu, peran semua sangat kami harapkan," pungkasnya.

Selanjutnya, rapat tersebut menyoroti pembacaan visi misi dan capaian kinerja UPTD Puskesmas Batang Pane II dari bulan Januari hingga Maret 2024 oleh Bidan Erna.

VISI MISI UPTD PUSKESMAS BATANG PANE II

VISI: Terwujudnya masyarakat Kecamatan Halongonan Timur yang mandiri dalam hidup sehat melalui pembangunan kesehatan yang optimal.

MISI: Meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang sehat dan mandiri, menyelenggarakan upaya kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif secara berkesinambungan, memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan, keluarga, dan masyarakat beserta lingkungannya, memberikan pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

TUJUAN UPTD PUSKESMAS BATANG PANE II

Mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional, yakni meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap individu di wilayah kerja Puskesmas Batang Pane II.

TUGAS PUSKESMAS

Melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat.

PENCAPAIAN KINERJA PUSKESMAS BATANG PANE II

CAPAIAN SPM UKM: Esensial yaitu setiap ibu hamil mendapat pelayanan ANC sesuai standar (21,5%), setiap ibu bersalin mendapatkan pelayanan persalinan sesuai standar (18%), setiap bayi baru lahir mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar (18%) setiap balita mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar (17%), setiap usia 60 tahun ke atas mendapatkan skrining standar (18,3%), setiap penderita hipertensi mendapatkan pelayanan sesuai standar (39%), setiap orang dengan gangguan jiwa berat mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar (52%), masih dalam pengobatan jumlah TB sensitive obat yang terdiagnosis klinis dan terkonfirmasi bakteriologis (20%).

"Pencapaian Kinerja Puskesmas Batang Pane II berdasarkan Capaian SKM Esensial, belum tercapai. Terkait masalah atau kendala yang dihadapi, masih banyak ibu hamil, bayi, balita yang belum memiliki data (NIK), masih ada ibu hamil dan keluarga yang tidak datang ke posyandu, masih banyak balita yang datang ke posyandu hanya datang kalau ada pemberian vit A/ obat cacing, pelaksanaan posyandu yang sama disetiap desa, kurangnya kerja sama lintas sektor bahwa kesehatan hanya milik petugas kesehatan, dan masih ada bayi/ balita yang dilarang di suntik di posyandu," jelasnya.

Selanjutnya, rapat tersebut dibuat sesi tanya jawab dan berdiskusi mencari solusi bagaimana mengatasi capaian SPM UKM ke depannya. Terus berupaya dan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah kerja UPTD Puskesmas Batang Pane II ini. Acara rapat lintas sektor berjalan lancar dan sukses.

(Haryan Harahap)