Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Wani dan Pantoloan di Teluk Palu

Presiden Jokowi bersama Menhub Budi Karya meresmikan Pelabuhan Wani dan Pantoloan di Sulawesi Tengah, memperkuat infrastruktur logistik dan ekonomi. Baca selengkapnya di sini!

Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Wani dan Pantoloan di Teluk Palu
Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Wani dan Pantoloan di Teluk Palu. Gambar : Dok. BPMI Setpres

BaperaNews - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meresmikan dua pelabuhan di kawasan Teluk Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), yaitu Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan. Peresmian dilakukan pada Rabu (27/3) di Pelabuhan Wani.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Wani dan Pantoloan bertujuan untuk mengembalikan fungsi pelabuhan yang terdampak bencana gempa dan tsunami pada tahun 2018 lalu.

Selain itu, pembangunan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas layanan pelabuhan sebagai pusat aktivitas logistik, memperkuat konektivitas daerah, serta mendukung aktivitas ekonomi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Proyek rehabilitasi dan rekonstruksi dua pelabuhan ini didanai melalui pinjaman dari Asian Development Bank (ADB), dengan total nilai pekerjaan mencapai Rp233 miliar. Presiden Jokowi menegaskan bahwa kegigihan dalam merealisasikan proyek ini menjadi bukti komitmen pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur yang terdampak bencana.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya terus meningkatkan fasilitas pelabuhan agar tidak kalah dengan pelabuhan di negara lain.

Langkah-langkah untuk mencapai hal ini antara lain adalah dengan memperkuat standar pelayanan, manajemen, dan teknologi pelabuhan, serta menyediakan layanan logistik yang terintegrasi dan terkoneksi dengan moda angkutan lainnya.

Baca Juga: Resmi Terpilih Menjadi Presiden, Prabowo: Terima Kasih Pak Jokowi

Menurut Presiden, pelabuhan memiliki peran kunci dalam pengembangan ekonomi di Indonesia, serta penting dalam mobilitas orang dan barang. Beliau juga menyambut baik rencana pengoperasian kapal roll-on/roll-off (Roro) dari Sulawesi Tengah menuju Kalimantan Timur, yang akan mendukung proses pembangunan di kawasan Industri Kawasan Timur (IKN).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pembangunan Pelabuhan Wani dimulai pada 22 April 2022 hingga 30 Desember 2023. Fokus pembangunan meliputi pembangunan dermaga, trestle, gedung kantor, garasi kapal negara, serta masjid.

Sementara itu, Pelabuhan Pantoloan telah mengalami pembangunan sejak 30 September 2021 hingga 22 November 2022. Proyek ini meliputi rehabilitasi trestle, pembangunan dermaga, perpanjangan struktur atas dermaga, serta pembangunan gedung kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Menhub Budi Karya Sumadi juga menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi atas kontribusinya dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur transportasi laut di Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi Tengah. Dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan bersinergi dalam penyelesaian pembangunan dua pelabuhan ini.

Acara peresmian pelabuhan di Teluk Palu ini turut dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, serta pimpinan TNI/Polri dan Forkompimda wilayah Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Jokowi: Harga Beras Turun Saya Dimarahi Petani, Kalau Naik Saya Dimarahi Ibu-ibu