Argentina Melarang Penggunaan Nama Bayi 'Messi'

Nama "Messi" kini menjadi sorotan dunia usai menjuarai Piala Dunia 2022, bahkan di Indonesia ada bayi yang diberi nama "Messi". Namun, hal itu tidak berlaku di Argentina. Ini alasan Argentina larang nama penggunaan nama bayi "Messi".

Argentina Melarang Penggunaan Nama Bayi 'Messi'
Argentina larang penggunaan nama bayi Messi. Gambar : REUTERS/Carl Recine

BaperaNews - Oang tua saat ini kerap kali menamakan anak dari hal yang mereka sukai atau dari hal unik dari sekitar. Beberapa waktu lalu viral nama bayi di Sulawesi Barat diberi nama Muhammad Messi oleh sang kakek yang diketahui penggemar berat pemain sepak bola dunia, Lionel Messi.

Lionel Messi sebagai pemain sepak bola yang cukup populer di dunia pasti memiliki banyak penggemar dan menjadi inspirasi buat para penggemarnya. Lionel Messi juga kebanggaan di Negara asalnya, Argentina. Namun, Argentina justru membuat hukum atas penggunaan nama Messi.

Usai sukses timnas Argentina meraih trofi Piala Dunia 2022, Lionel Messi juga mencetak prestasi gemilang, Messi juga dinobatkan sebagai GOAT (Greatest of All Time) diprediksi bikin nama Lionel Messi jadi nama bayi favorit.

Untuk menghindari kebingungan dan agar tidak ada ratusan Messi berkeliaran di Argentina, pihak berwenang telah mengesahkan undang-undang yang mengatakan bahwa nama Messi dilarang digunakan sebagai nama depan.

Baca Juga : Bayi Di Sulbar Diberi Nama "Muhammad Messi" Oleh Sang Kakek

Argentina Larang Nama Messi

Melansir informasi Foxsports, adanya aturan penamaan "Messi" ini bermula dari adanya orang tua di Kota Rosario, Argentina, yang memberi nama depan anak mereka Messi. Pasangan Hector Varela dan Rio Negro mengajukan banding penggunaan nama Messi sebagai nama depan untuk anak mereka pada tahun 2014.

Pasutri tersebut mengajukan banding ke pengadilan agar diberikan pengecualian bagi bayi mereka diperbolehkan menggunakan nama Messi Daniel Varela.

"Kami sangat ingin memiliki anak bernama 'Messy Daniel Varela'," ujar sang ayah pada 2014.

Sebagai informasi, penggunaan nama "Messi" sebenarnya merupakan nama belakang. Hal ini jelas pelanggaran atas aturan yang dibuat pada tahun 1969 perihal larangan penggunaan nama belakang sebagai nama depan. 

Usai adanya banding tersebut maka dibuat aturan dari Catatan Sipil Provinsi Santa Fe, nama Messi tak lagi diperbolehkan dipakai sebagai nama depan.

Setiap orang tua yang menamai bayi mereka Messi akan dianggap melawan hukum. 

Baca Juga : Wajah Lionel Messi Bakal Jadi Mata Uang Argentina