5 Amalan Di Hari Raya Idul Fitri Sesuai Anjuran Nabi

Idul Fitri tidak lepas dari sejumlah amalan sunnah sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, berikut ini 5 amalan saat Idul Fitri!

5 Amalan Di Hari Raya Idul Fitri Sesuai Anjuran Nabi

BaperaNews - Idul Fitri ialah hari kemenangan bagi umat muslim setelah berhasil menjalankan puasa di bulan Ramadhan, moment ini selalu disambut dengan suka cita. Idul fitri juga jadi salah satu momen yang tepat untuk menyambung silaturahmi dengan mengunjungi saudara atau keluarga jauh.

Sebagai momen yang agung, Idul Fitri tidak lepas dari sejumlah amalan sunnah sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, berikut ini 5 amalan saat Idul Fitri.

  1.       Melantunkan takbir

Takbir disunnahkan untuk dilantunkan setelah shalat di masjid dan di tempat lainnya seperti keramaian manusia, disunnahkan untuk melantunkannya dalam keadaan apapun, duduk, berjalan, atau berbaring, baik di jalan, di masjid, atau di rumah.

Hal ini pun diterapkan di Indonesia, di malam Idul Fitri, selalu ada takbir berkumandang di masjid dan di pusat keramaian.

  1.       Mandi dan berhias sebelum shalat ied

Amalan saat Idul Fitri selanjutnya ialah mandi dan berhias diri, serta memakai baju terbaik yang dimiliki sebelum melakukan shalat ied. Namun berhias yang dimaksudkan ialah dalam batas sewajarnya, bukan dengan bermewahan atau memakai minyak wangi yang berlebihan.

Baca Juga: 10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga

  1.       Makan sebelum shalat ied

Disunnahkan untuk makan dulu di rumah sebelum menjalankan shalat ied, hal ini sesuai dengan sebuh hadist yang dishahihkan Ibnu Baridah,

“Rasulullah SAW tidak akan keluar dari rumah saat hari raya Idul Fitri sebelum beliau makan”.

  1.       Shalat sunnah dua rakaat

Amalan saat Idul Fitri lain ialah shalat sunnah dua rakaat setiba di masjid, boleh sendiri atau berjamaah, sebelum shalat ied dilakukan, hal ini juga disunnahkan untuk umat muslim yang akan bepergian dimana pada hari raya idul fitri sering menjadi momen untuk bepergian ke rumah saudara, mudik, atau mengunjungi orang terdekat.

  1.       Ambil jalan pergi dan pulang berbeda ketika shalat ied

Amalan saat Idul Fitri yang terakhir sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW ialah ambil jalan berbeda antara pergi dan pulang dari masjid saat shalat ied, hal ini dimaksudkan untuk membagi bahagia kepada orang yang ada di jalan dengan saling senyum dan salam, selain itu, juga bisa jadi ajang untuk silaturahmi dengan kerabat.

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?