Timnas Indonesia Dibantai Irak 1-5 di Laga Perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia menelan pil pahit dengan kekalahan besar 1-5 dari Timnas Irak dalam laga pembuka babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia Dibantai Irak 1-5 di Laga Perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia Dibantai Irak 1-5 di Laga Perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026. Gambar : Dok. PSSI

BaperaNews – Dalam laga pembuka babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia menelan pil pahit dengan kekalahan besar 1-5 dari Timnas Irak. Pertandingan ini berlangsung di Basra Sport City Stadium pada Kamis malam, 16 November 2023, dan menandai awal yang kurang menggembirakan bagi Skuad Garuda.

Awal Yang Buruk Untuk Indonesia

Hasil pertandingan Indonesia Irak ini menempatkan Indonesia di posisi juru kunci Grup F, tanpa poin dan dengan selisih gol yang buruk. Irak, di sisi lain, berada di puncak klasemen dengan tiga poin, bersamaan dengan Vietnam. Indonesia kini menghadapi tugas berat untuk memperbaiki posisi mereka di grup.

Jalannya Pertandingan

Awal pertandingan diwarnai dengan permainan yang berhati-hati dari kedua tim. Mencari celah untuk mencetak gol, kedua tim terlihat bermain aman. Namun, Bashar Rasan Boyan berhasil membawa Irak unggul pada menit ke-20. Memanfaatkan kesalahan lini belakang Indonesia, Amir Al Ammari berhasil memberikan assist yang dituntaskan Bashar dengan tembakan keras ke gawang Nadeo Argawinata.

Indonesia memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 menjelang akhir babak pertama berkat gol dari Shayne Pattinama. Menerima bola terobosan dari Rafael Struick, Pattinama berhasil mengecoh kiper Irak dengan tembakan ke sudut sempit gawang.

Memasuki babak kedua, Irak kembali menguasai jalannya pertandingan. Indonesia kesulitan membangun serangan, sementara Irak terus menambah gol. Pada menit ke-60, Osama Rashid menambah keunggulan Irak menjadi 3-1. Kemudian, gol-gol tambahan dari Youssef Amyn dan Ali Jasim pada menit ke-81 dan ke-89, masing-masing, menutup laga dengan skor akhir 5-1 untuk Irak.

Baca Juga : Indonesia U-17 Vs Maroko U-17: Garuda Muda Gagal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia U-17

Rekor Buruk di Era Shin Tae-yong

Kekalahan ini merupakan rekor kekalahan terbesar bagi Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Skor 1-5 menjadi pukulan berat bagi moral tim yang harus segera bangkit untuk menghadapi pertandingan selanjutnya.

Jadwal Pertandingan Selanjutnya

Indonesia dijadwalkan bertemu dengan Filipina di Rizal Memorial Stadium pada Selasa, 21 November. Laga ini menjadi krusial bagi Timnas Indonesia untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen.

16 November 2023

  • Irak Vs Timnas Indonesia - Basra International Stadium, Basra (5-1)
  • Filipina Vs Vietnam - Rizal Memorial Stadium, Manila

21 November 2023

  • Timnas Indonesia Vs Filipina - Stadion Utama Gelora Bung Karno
  • Vietnam Vs Irak - My Dinh National Stadium, Hanoi

21 Maret 2024

  • Timnas Indonesia Vs Vietnam - Stadion Utama Gelora Bung Karno
  • Iraq Vs Filipina

26 Maret 2024

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia - My Dinh National Stadium, Hanoi
  • Filipina Vs Iraq - Rizal Memorial Stadium, Manila

6 Juni 2024

  • Timnas Indonesia Vs Irak - Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Vietnam Vs Filipina - My Dinh National Stadium, Hanoi

11 Juni 2024

  • Filipina Vs Timnas Indonesia - Rizal Memorial Stadium, Manila
  • Irak Vs Vietnam - Basra International Stadium, Basra

Klasemen Sementara

Klasemen sementara menunjukkan Irak dan Vietnam di posisi atas dengan masing-masing tiga poin, sementara Filipina dan Timnas Indonesia berada di posisi tiga dan empat. Indonesia harus memanfaatkan setiap kesempatan di pertandingan yang tersisa untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

 Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F

Pos Tim M K S Poin dan selisih gol
1 Irak 1 0 0 3 (5-1, 4)
2 Vietnam 1 0 0 3 (2-0, 2)
3 Filipina  0 1 0 (0-2, -2)
4 Indonesia 0 1 0 (1-5, -4)

Susunan Pemain

Irak: Jalal Hassan; Merchas Doski, Ali Adnan, Rebin Sulaka, Hussein Ali; Osama Rashid (Ahmad Alee 67'), Amir Al-Ammari; Bashar Resan (Youssef Amyn 68'), Ali Jasim, Ibrahim Bayish; Aymen Hussein.

Indonesia: Nadeo Argawinata, Shayne Pattinama, Elkan Baggot, Jordi Amat, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Adam Alis (Arkhan Fikri 46'), Ricky Kambuaya (Saddil Ramdani 46'), Marc Klok (Witan Sulaemen 76'), Dimas Drajad (Rafael Struick 39'), Dendy Sulistiyawan (Pratama Arhan 76').

Baca Juga : Indonesia Vs Iraq: Laga Penentu Indonesia Masuk Piala Dunia 2026