Makna Wasit Keluarkan Kartu Putih di Dunia Sepak Bola

Kartu putih dikeluarkan untuk pertama kalinya dalam pertandingan antara Sporting Lisbon vs Benfica sebagai pengakuan atas perilaku sportif. Baca selengkapnya di sini!

Makna Wasit Keluarkan Kartu Putih di Dunia Sepak Bola
Makna Wasit Keluarkan Kartu Putih di Dunia Sepak Bola. Gambar : Canal 11

BaperaNews - Pertandingan antara Sporting Lisbon dan Benfica pada Sabtu (21/1) menandai momen bersejarah dalam dunia sepak bola. Wasit mengeluarkan kartu putih untuk pertama kalinya. Namun, apa sebenarnya makna di balik penggunaan kartu putih ini?

Berbeda dengan kartu kuning dan merah yang dikenakan sebagai sanksi atas pelanggaran peraturan atau perilaku buruk, kartu putih memiliki makna positif. Kartu putih ditunjukkan oleh wasit sebagai pengakuan atas perilaku baik dan sportif pemain serta ofisial klub selama pertandingan berlangsung.

Keputusan ini merupakan bagian dari inisiatif baru Federasi Sepak Bola Portugal untuk meningkatkan nilai etis dalam olahraga.

Pengenalan kartu putih oleh Portugal adalah langkah yang cukup unik dalam sejarah sepak bola. Selama ini, dunia sepak bola hanya mengenal kartu kuning dan merah yang digunakan untuk mendisiplinkan pemain atas pelanggaran.

Baca Juga: Wasit Miguel Nogueira Diprotes FC Porto Gegara Lihat VAR Pakai HP

Kartu putih pertama kali muncul di depan publik pada pertandingan antara Sporting Lisbon dan Benfica dalam Piala Antarklub Perempuan Portugal.

Wasit Catarina Campos memutuskan untuk mengeluarkan kartu putih setelah melihat staf medis dari kedua tim dengan cepat membantu seseorang yang jatuh sakit di tribun. Keputusan tersebut disambut dengan positif oleh para penonton di Estadio da Luz, yang bersorak dan bertepuk tangan atas tindakan yang sportif tersebut.

Meskipun penggunaan kartu putih saat ini hanya terbatas pada Portugal, wacana penggunaannya secara lebih luas telah digulirkan. Hal ini terutama terkait dengan pemberlakuan waktu tambahan pada setiap babak pertandingan di Piala Dunia Qatar.

Waktu tambahan ini diharapkan dapat menggantikan waktu yang terbuang akibat berbagai faktor, termasuk tingkah pemain yang membuang-buang waktu atau reaksi setelah menerima kartu kuning atau merah.

Baca Juga: STY Kesal Wasit Memihak Lawan Saat Timnas U-20 vs Slovakia