Jalan Tol di Kawasan Puncak Bogor Akan Dibangun, Segini Nilai Investasinya!

Rencana pembangunan jalan tol di kawasan Puncak, Bogor akan berdampak bagus untuk wisata maupun wisatawan yang dapat mengurangi kepadatan dan mengurai kemacetan. Berikut nilai investasinya.

Jalan Tol di Kawasan Puncak Bogor Akan Dibangun, Segini Nilai Investasinya!
Jalan tol di kawasan puncak Bogor akan dibangun. Gambar : Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho

BaperaNews - Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR berencana membuat jalan tol di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Pemrakarsanya sudah mendapat ijin dari pemerintah untuk menjalankan studi kelayakan. Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Triono Juniasmoro menyebut proyek pembangunan jalan tol di Puncak, Bogor ini diperkirakan menelan biaya Rp 25 Triliun.

“Cukup besar dannaya, makanya ini akan dibagi ke beberapa tahap, tahap ini yang kami tunggu dari pihak pemrakarsa” tutur Triono pada Rabu (10/5) ketika acara evaluasi mudik 2023 di Kantor PUPR. Triono menyebut rencana pembangunan jalan tol di Puncak, Bogor akan dibagi dalam 5 sesi.

Pemrakarsa sedang mendalami pembangunan apa yang akan dilakukan untuk Seksi 1 dan Seksi 2 atau langsung akan dikerjakan sekaligus. “Kalau secara umum, perkiraan panjangnya 50-62 km. Itu dari Caringin-Cianjur, Caringin dari Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dan nanti akan kami sodet, ada lanjutan dari Bocimi ke Cianjur” lanjutnya.

Baca Juga : Jokowi Minta Warga Lapor Jalan Rusak Lewat Sosial Media!

Melihat jalan tol yang cukup panjang, pembangunan diperkirakan akan dijalankan dalam beberapa seksi, keputusan masih menunggu studi kelayakan dari pemrakarsa proyek.

“Kelihatannya mereka akan mengusulkan untuk dibangun dalam beberapa tahap tadi, apa dari Caringin, Cisarua, atau sampai ke Gunung Mas itu ada sekitar 18 km. Sisanya tahun berikutnya, itu 18 km dalam waktu dekat yang mungkin akan kita dorong pembangunannya” imbuhnya.

Rencana pembangunan jalan tol di kawasan Puncak, Bogor ini diyakini akan berdampak bagus untuk wisata maupun untuk wisatawan sebab akan mampu mengurangi kepadatan dan mengurai kemacetan yang biasa terjadi disana terutama di masa akhir minggu atau masa liburan.

“Usulan pembangunan jalan tol Puncak, Bogor ini sangat baik karena diharap bisa membantu mengurangi kemacetan di di ruas non tol Puncak, mudah-mudahan jika ini disetujui bisa langsung dilaksanakan pembangunannya” pungkas Triono.

Diketahui Puncak, Bogor jadi salah satu destinasi wisata idaman terutama warga Jakarta dan sekitarnya, tempatnya yang sejuk dan tenang jadi pilihan untuk melepas penat dan menyegarkan kembali pikiran.

Namun banyaknya peminat membuat kawasan rute menuju ke Puncak, Bogor sering macet dan padat, adanya rencana pembuatan jalan tol ini dinilai bisa jadi salah satu solusinya.

Baca Juga : Muak Dengan Jalan Rusak, Warga Cianjur Tangkap Lele di Kubangan