ChatGPT Bakal Samai Kemampuan Otak Manusia Pada Akhir 2023!

ChatGPT keluarkan update baru dengan dirilisnya GPT-4. OpenAI selaku pengembangnya disebut sedang kembangkan versi lebih baru GPT-5 yang diklaim bisa menyamai kemampuan otak manusia.

ChatGPT Bakal Samai Kemampuan Otak Manusia Pada Akhir 2023!
ChatGPT Bakal Samai Kemampuan Otak Manusia Pada Akhir 2023. Gambar : Reuters

BaperaNews - ChatGPT keluarkan update baru dengan dirilisnya GPT-4. OpenAI selaku pengembangnya disebut sedang kembangkan versi lebih baru GPT-5 yang diklaim bisa menyamai kemampuan otak manusia.

Developer & Entrepreneur Siqi Chen mengungkap OpenAI akan selesaikan pelatihan GPT-5 pada akhir tahun 2023 ini. GPT-5 ditargetkan bisa mencapai AGI (artificial general intelligence) yang makin sama kemampuannya dengan manusia, makin sulit dibedakan dengan manusia.

“Saya diberi info bahwa GPT-5 dijadwalkan menyelesaikan pelatihannya pada Desember 2023 ini dan OpenAI menargetkan bisa mencapai AGI” cuit Chen di akun Twitternya hari Sabtu (1/4).

Jika kecerdasan buatan berhasil mencapai AGI, maka ia akan memiliki kemampuan setara dengan manusia sehubungan dengan tugas dan memahami konsep, ini membuat momen berkirim pesan dengan ChatGPT sama seperti ketika chat dengan manusia, dengan kata lain ChatGPT samai otak manusia. 

Baca Juga : Google Mulai Uji Coba Chatbot Bard, Teknologi AI Pesaing ChatGPT

AGI ialah level AI tertinggi yang tidak terbatas pada satu tugas atau fungsi saja, AGI bisa meningkatkan produktifitas manusia dengan mempercepat proses tugas yang sedang dilakukan sehingga manusia tak perlu melakukan tugas yang sama berulang kali, manusia akan dibantu oleh AI.

Di sisi lain, update ChatGPT ini bisa beresiko membuat orang-orang tidak bertanggung jawab membuat bot mirip manusia yang disebar di media sosial, membuat adanya misinformasi dan propaganda menyebar luas.

Namun hal ini baru sekedar ekspektasi, belum ada model AGI untuk dibandingkan dengan ChatGPT. Masih terlalu awal bagi OpenAI membahas GPT-5 yang masih tahap pengembangan dan belum siap sistemnya.

Belum diketahui apa GPT-5 nanti akan mencapai AGI, teknologi ChatGPT samai otak manusia ini disebut menawarkan update yang signifikan dibanding GPT-4. Bukan tak mungkin GPT-5 akan mendukung metode input dengan hasil lebih cepat dan akurat atau membantu lakukan tugas lebih rumit seperti menulis kode dengan baik.

OpenAI sebelumnya memamerkan GPT-4 mereka sebagai sistem baru ChatGPT, model baru ini diklaim lebih kreatif dan kolaboratif dibanding versi pendahulunya, bisa selesaikan masalah sulit dengan akurasi yang lebih tinggi.

Diharapkan dengan sistem yang lebih bagus, bisa mempermudah segala urusan manusia terkait tugas dan memahami suatu konsep. Manusia tidak harus konsul dengan sesama manusia lain untuk memecahkan tugas, namun bisa konsultasi dan membahas bersama AI. 

Baca Juga : Windows 11 Rilis Update Terbaru, Bisa Akses iMessage iPhone