330 Ribu Pengguna Android Tercatat Jadi Korban Aplikasi Berbahaya

McAfee mendeteksi 13 aplikasi berbahaya di Google Play Store, menyimpan risiko tinggi bagi pengguna Android. Simak selengkapnya di sini!

330 Ribu Pengguna Android Tercatat Jadi Korban Aplikasi Berbahaya
330 Ribu Pengguna Andr. oid Tercatat Jadi Korban Aplikasi BerbahayaGambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Temuan terbaru dari peneliti McAfee yang mengidentifikasi 13 aplikasi berbahaya di Google Play Store. Dengan lebih dari 330 ribu unduhan oleh pengguna Android, aplikasi-aplikasi ini terbukti menyimpan risiko tinggi.

Aplikasi-aplikasi tersebut diketahui menyematkan backdoor yang belum pernah terdeteksi sebelumnya, yang diberi nama 'Xamalicious'. Keberadaan malware ini sangat meresahkan, terutama karena menyamar sebagai aplikasi kesehatan, game, horoskop, dan produktivitas.

McAfee mengungkapkan bahwa Xamalicious, yang dibuat menggunakan platform open-source Xamarin, memanfaatkan rekayasa sosial untuk mendapatkan akses ke Accessibility Service.

Ini memungkinkan aplikasi untuk melakukan tindakan seperti gestur navigasi, memberikan izin tambahan, dan menyebutkan elemen di layar.

Setelah diinstal, Xamalicious secara otomatis terhubung ke server command-and-control untuk mengambil muatan tambahan. Kemampuannya mencakup pengumpulan dan pengiriman metadata perangkat, seperti ID Android, merek ponsel, CPU, versi OS, bahasa, detail SIM, dan informasi lainnya.

Menariknya, McAfee juga menemukan keterkaitan antara Xamalicious dengan aplikasi penipu bernama 'App Magnet', yang dapat melakukan klik iklan otomatis dan menginstal adware di perangkat pengguna.

Baca Juga: Ini Game Hp Android yang Paling Banyak Diunduh!

Dengan demikian, terdapat potensi penipuan iklan pada perangkat yang terinfeksi, yang dapat merugikan pengguna melalui kinerja ponsel yang melambat dan koneksi internet terhambat.

Berikut adalah daftar aplikasi yang menyimpan backdoor Xamalicious:

  1. Essential Horoscope for Android - 100.000 unduhan
  2. 3D Skin Editor for PE Minecraft - 100.000 unduhan
  3. Logo Maker Pro - 100.000 unduhan
  4. Auto Click Repeater - 10.000 unduhan
  5. Count Easy Calorie Calculator - 10.000 unduhan
  6. Sound Volume Extender - 5.000 unduhan
  7. LetterLink - 1.000 unduhan
  8. NUMEROLOGY: PERSONAL HOROSCOPE &NUMBER PREDICTIONS - 1.000 unduhan
  9. Step Keeper: Easy Pedometer - 500 unduhan
  10. Track Your Sleep - 500 unduhan
  11. Sound Volume Booster - 100 unduhan
  12. Astrological Navigator: Daily Horoscope & Tarot - 100 unduhan
  13. Universal Calculator - 100 unduhan

Selain 13 aplikasi di atas, McAfee juga mengungkapkan adanya 12 aplikasi berbahaya dengan ancaman serupa di toko aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dapat menginfeksi perangkat pengguna melalui file APK.

Baca Juga: Google Bayar Triliunan ke Samsung Demi Pertahankan Dominasi Android