Jelang Mudik Lebaran, ETLE Drone Diuji Coba di Banten

Polda Banten telah menguji coba tilang elektronik atau ETLE drone untuk pengawasan di arus mudik lebaran 2023 mendatang.

Jelang Mudik Lebaran, ETLE Drone Diuji Coba di Banten
Polda Banten Uji Coba Tilang Elektronik atau ETLE Drone. Gambar : Dok. Polda Jawa Tengah

BaperaNews - Tilang elektronik atau ETLE drone diuji coba di Banten oleh Polda Banten dan berjalan lancar. Teknologi baru ini bisa melacak sejumlah pelanggaran lalu lintas seperti pengemudi tidak memakai sabuk pengaman atau pengendara tanpa helm.

“Uji coba ETLE drone sudah disaksikan langsung oleh Pak Kapolda dan Wakapolda, serta PJU Banten, semuanya berjalan lancar” tutur Dirlantas Polda Banten Kompol Firman Darmansyah pada Senin (13/2).

Sudah ada tiga ETLE drone diuji coba di Banten, berupa pesawat tanpa awak dengan kamera, menyasar lokasi yang tidak dipasangi ETLE statis yang baru ada di tujuh titik wilayah Banten.

Polda Banten kini juga telah memiliki satu ETLE mobile, yakni alat deteksi pelanggaran yang terpasang di kendaraan patroli polisi. Firman optimis personilnya bisa dengan cepat mengoperasikan ETLE drone untuk menegakkan hukum dalam berlalu lintas.

“ETLE drone ini akan ke titik yang tidak tersentuh, dan itu nanti bisa lakukan mobilisasi penegakan hukum” imbuhnya.

Firman Darmansyah menargetkan, ETLE drone ini dipakai untuk pengawasan di arus mudik lebaran 2023 mendatang, untuk membantu melancarkan lalu lintas di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Baca Juga : Berikut Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Yang Bisa Tertangkap ETLE Mobile

ETLE Drone Bisa Laporkan Kemacetan dan Kejahatan Lalu Lintas

Firman Darmansyah mengungkap ETLE drone ini tidak hanya untuk memotret pelanggaran lalu lintas, namun juga bisa memeriksa titik kemacetan, bahkan bisa membantu penegakan hukum jika ada kecelakaan atau kejahatan lalu lintas.

“ETLE drone ini akan bermanfaat, bisa membantu memberitahu polisi jika ada kemacetan maka polisi akan mendatangi pusat macet. Jadi bukan hanya menegakkan hukum, namun juga bisa untuk antisipasi kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan lainnya. Terutama di operasi ketupat, saat ini yang kita uji coba tiga unit dulu” terangnya.

Diketahui di masa ramadhan dan lebaran mobilitas masyarakat biasanya jauh lebih besar, terlebih di musim mudik lebaran, butuh pengawasan agar tidak terjadi kejahatan lalu lintas maupun pelanggaran yang beresiko kecelakaan lalu lintas.

ETLE Drone Akan Diterapkan di Polres Lain

Tidak hanya di Polda Banten, Polresta Tangerang dan Lebak juga akan mengembangkan ETLE drone, untuk prosesnya akan dibantu Polda Banten.

“Nanti kita beri asistensi untuk polres lainnya, kami harap semua polres di bawah Polda Banten bisa memiliki ETLE mobil sebelum mudik lebaran 2023 ini” pungkas Firman Darmansyah .

Baca Juga : Kamera ETLE Akan Dipasang Fitur Face Recognition, Pengendara Tak Punya SIM Bisa Dideteksi