UGM Bantah Dugaan Ijazah Milik Jokowi Palsu, Begini Penjelasannya!

Dekan Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta, Sigit Sunarta menjelaskan tentang perbedaan format penulisan ijazah usai adanya dugaan ijazah milik Jokowi palsu.

UGM Bantah Dugaan Ijazah Milik Jokowi Palsu, Begini Penjelasannya!
UGM jelaskan soal format penulisan Ijazah milik Presiden RI Jokowi. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sigit Sunarta memastikan ijazah Presiden Jokowi adalah asli. Jokowi asli lulusan Fakultas Kehutanan UGM.

Sigit menjelaskan tentang perbedaan format penulisan ijazah karena ditulis dengan tulisan halus, sebagaimana ijazah mahasiswa lain yang lulus pada tahun 1985.

“Penjelasan tentang format penulisan ijazah Pak Jokowi dengan fakultas yang lain, kami sudah lihat tentang formatnya yang diterima pak Jokowi dan teman satu angkatan yang lulus bersama, sama-sama ditulis menggunakan tulisan halus” ujarnya dalam keterangan pers di Yogyakarta pada Selasa (11/10).

Menurutnya, pada jaman dulu belum ada aturan khusus tentang penulisan ijazah. “Kalau sekarang sudah ada format khususnya, sudah ada perbedaan satu dan yang lainnya” imbuhnya.

Rektor UGM, Ova Emilia juga memastikan ijazah Jokowi asli, ia memastikan adanya isu tidak bertanggung jawab yang menyebut ijazah Jokowi palsu adalah hal yang jelas-jelas tidak benar.

”Pak Jokowi mahasiswa tahun 1980, lulus dari UGM tahun 1985, ini sesuai dengan dokumen bukti kelulusan kami” tegasnya.

Baca Juga : Presiden FIFA Akan Datang Ke Indonesia Untuk Temui Jokowi

Isu ini bermula dari kata-kata Bambang Tri, penulis buku Jokowi Under Cover yang melayangkan gugatan ijazah palsu Jokowi di Pilpres 2019 pada (3/10) lalu ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Bambang menyebut ijazah Jokowi ialah palsu.

Staf Khusus Presiden, Dini Purwono kemudian meminta semua pihak tidak asal menggugat, hal itu sama saja merepotkan para penegak hukum, harus mengurus kasus yang mengada-ada. Dini menjelaskan Jokowi punya ijazah asli dari berbagai jenjang pendidikan yang bisa dibuktikan keabsahannya.

“Masyarakat kita tiap hari tambah cerdas, jangan biasakan nge-prank aparat penegak hukum dengan gugatan yang mengada-ada dan tidak ada dasarnya” tuturnya pada Selasa (4/10) lalu.

Komisi Pemilihan Umum juga memastikan Jokowi telah menyerahkan dokumen persyaratan Pilpres 2019 sesuai dengan prosedur yang ada.

Karena isu ini, UGM kemudian menggelar konferensi pers dan menegaskan bahwa isu yang dibuat Bambang tidak benar. Jokowi ialah benar mahasiswa UGM lulusan Fakultas Kehutanan. Berikut pernyataan resmi dari pihak UGM.

“Pertama Bapak Ir Joko Widodo ialah alumni S1 Fakultas Kehutanan UGM tahun 1980. Kedua, Bapak Jokowi dinyatakan lulus pada tahun 1985 sesuai dengan bukti dokumen yang kami miliki. Ketiga, atas data dan informasi kami yang dokumentasikan dengan baik, kami pastikan ijazah S1 Pak Jokowi adalah asli, yang bersangkutan benar-benar lulusan fakultas hukum UGM” tegas rektor UGM Ova Emilia dalam konferensi pers.

Baca Juga : Catat! Berikut Daftar Jadwal Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2023