Simak Manfaat Menjadi Seorang Vegetarian

Salah satu pilihan terbaik untuk sehat ialah menjadi seorang vegetarian, simak yuk manfaat jadi seorang vegetarian yang akan berdampak pada kesehatan tubuh!

Simak Manfaat Menjadi Seorang Vegetarian
Manfaat Menjadi Seorang Vegetarian. Gambar : Pixabay.com/Dok. Sponchia

BaperaNews - Menjadi seorang vegetarian merupakan salah satu pilihan hidup terbaik untuk kesehatan. Menjadi vegetarian itu artinya seseorang harus berhenti mengkonsumsi daging-dagingan dan hanya mengkonsumsi asupan makanan nabati saja. 

Namun, untuk Anda yang tidak terbiasa, apalagi untuk orang yang suka dengan daging lalu menjalani pola hidup sehat pasti tidaklah mudah. Tetapi, tidak ada salahnya juga untuk mencoba menjadi vegetarian dan memulai hidup sehat, karena vegetarian memberikan banyak manfaat untuk kesehatan

Berikut Manfaat Menjadi Seorang Vegetarian:

  1. Tubuh jadi lebih sehat

Berhenti untuk tidak makan daging-dagingan dan beralih hanya mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan saja akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Karena, secara otomatis Anda mengurangi asupan lemak dan kolesterol di dalam tubuh Anda yang sering makan daging-dagingan. 

Oleh karena itu, sayur dan buah segar yang mengandung banyak nutrisi serta vitamin bisa membuat tubuh Anda menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Baca Juga : Berikut 3 Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Usia Muda

  1. Berat badan tetap ideal

Pola makan menjadi seorang vegetarian dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjaga berat badan agar tetap ideal atau bisa juga untuk mengurangi berat badan apabila Anda ingin diet. 

Sebab, sayur dan buah memiliki kandungan antioksidan dan serat yang bisa membantu untuk membakar kalori dalam tubuh, sehingga berat badan kamu tetap ideal. Menurut penelitian yang dilakukan selama 5 tahun juga menyebut bahwa seorang vegetarian tercatat mengalami kenaikan berat badan yang sangat sedikit. 

  1. Kulit jadi lebih sehat

Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan juga mampu menyehatkan kulit dari dalam. Sebab, sayur dan buah-buahan memiliki kandungan mineral dan antioksidan yang bisa membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga pigmen kulit. 

Apalagi jika kamu mengkonsumsi sayur-sayuran yang masih segar seperti lalapan, supaya terhindar dari zat jahat yang disebut Advanced Glycation End Products atau AGEs yang dapat muncul ketika makanan dimasak di suhu tinggi. Sebab, zat tersebut bisa menyebabkan penuaan dini, keriput dan lemak di perut bertambah. 

  1. Resiko terkena kanker berkurang

Salah satu manfaat menjadi vegetarian adalah mengurangi resiko berbagai jenis kanker. Penelitian yang dilakukan oleh American Institute For Cancer Research menyebut bahwa menjadi seorang vegetarian bisa mengurangi resiko kanker perut, kanker usus, kanker pankreas, kanker payudara, kanker rahim hingga kanker ovarium. 

  1. Pikiran jadi lebih sehat

Tidak hanya menyehatkan tubuh, menjadi seorang vegetarian juga bisa menyehatkan pikiran. Hal tersebut telah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di British Journal Of Health Psychology yang menemukan bahwa mengkonsumsi menu makanan sehat seperti sayur dan buah bisa memberikan lebih banyak energi untuk tubuh, membuat perasaan lebih tenang dan bahagia, serta berdampak positif untuk suasana hati. 

  1. Pencernaan menjadi lancar

Anda sudah pasti mengetahui bahwa mengkonsumsi sayur yang kaya akan serat bisa melancarkan pencernaan. Tetapi, tidak hanya itu saja, menjadi seorang vegetarian dengan mengkonsumsi makanan sehat dapat membuat kerja usus dan lambung tidak begitu berat untuk mengolah makanan.

Sehingga dengan menjadi vegetarian, Anda dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit hingga resiko penyakit yang lebih serius yakni kanker usus dan wasir. 

Nah itu dia manfaat dari menjadi vegetarian. Menjadi vegetarian memang tidak mudah, tetapi Anda bisa menjalaninya secara bertahap seperti mengurangi konsumsi daging-dagingan sedikit demi sedikit. Yuk mulai hidup sehat dari sekarang! 

Baca Juga : 5 Tips Mencegah Asam Lambung atau Gerd Naik