Tanggalnya Berubah, Simak Jadwal Keberangkatan Mudik Gratis Kemenhub

Jadwal keberangkatan mudik gratis Kemenhub mengalami perubahan untuk keberangkatan dari Terminal Jatijajar Depok. Simak jadwal perubahannya disini.

Tanggalnya Berubah, Simak Jadwal Keberangkatan Mudik Gratis Kemenhub
Jadwal Keberangkatan Mudik Gratis Kemenhub. Gambar : VivaNews/Dok. Ikhwan Yanuar

BaperaNews - Kementerian Perhubungan mengumumkan ada perubahan jadwal untuk program mudik gratis dengan moda transportasi darat yang mereka canangkan.

Kepala Humas Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pitra Setiawan menyebut perubahan jadwal mudik gratis Kemenhub berlaku untuk keberangkatan dari Terminal Jatijajar Depok.

“Ada perubahan untuk keberangkatan mudik gratis Kemenhub yang dari Terminal Jatijajar ya” tutur Pitra pada Senin (17/4).

Semula mudik gratis dari Terminal Jatijajar Depok dijadwalkan berangkat pada Selasa 18 April 2023 pukul 10.00 WIB dengan jadwal validasi tiket mulai Senin kemarin 17 April 2023 pukul 11.00 WIB. 

Jadwal mudik gratis Kemenhub kini diubah menjadi Selasa 18 April 2023 pukul 13.30 WIB dan peserta mudik gratis bisa datang ke Terminal maksimal pukul 12.00 WIB. Perubahan jadwal ini hanya berlaku pada jam keberangkatan, hari keberangkatan tetap sama.

Baca Juga : Begini Cara Beli Tiket Bus Online, Bisa untuk Mudik Lebaran

Jadwal Mudik Gratis Kemenhub

18 April 2023

  • Terminal Jatijajar Depok pukul 13.30 WIB
  • Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan pukul 10.00 WIB
  • Terminal Pulo Gebang Jakarta pukul 10.00 WIB

19 April 2023

  • Terminal Kampung Rambutan Jakarta pukul 11.00 WIB
  • Terminal Poris Plawad Tangerang pukul 10.00 WIB

Untuk semua sepeda motor pemudik yang telah terdaftar akan diangkut dengan truk, motor bisa diserahkan ke Terminal Pondok Cabe mulai 16 April 2023 pukul 07.00-17.00 WIB. Motor telah diangkut pada Senin 17 April 2023 kemarin pukul 10.00 WIB.

Sebagai informasi program mudik gratis Kemenhub telah dibuka pendaftarannya sejak 13 Maret 2023 lalu dengan total kuota peserta sebanyak 24.072, pemudik diangkut dengan 585 unit bus. Semua pendaftar harus lakukan validasi jika tidak maka dianggap mundur.

Mudik gratis ini dibuka pemerintah dalam rangka mengurangi jumlah pemudik berkendaraan pribadi terutama sepeda motor yang rawan resiko. Diharapkan program mudik gratis Kemenhub ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya agar mudik lebih aman dan lancar.

Pemerintah juga membuka program mudik gratis dari instansi lain mulai dari TNI Polri, dari perusahaan negara atau BUMN, hingga yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat agar cakupan masyarakat yang mudik dengan kendaraan umum makin besar dan mengurangi kemacetan.

Baca Juga : Polda Metro Jaya Persilakan Warga Mudik Buat Titip Kendaraan Di Polsek