Berapa Lama Jarak Waktu Vaksin Booster Pertama Ke Kedua? Cek Disini!

Pemerintah telah membuka pemberian vaksin booster kedua untuk masyarakat umum, lalu berapa lama jarak waktu vaksin booster pertama ke kedua? Simak selengkapnya disini!

Berapa Lama Jarak Waktu Vaksin Booster Pertama Ke Kedua? Cek Disini!
Jarak waktu vaksin booster pertama ke kedua. Gambar : unsplash.com/Dok. Steven Cornfield

BaperaNews - Vaksin Covid-19 booster kedua (dosis keempat) kini telah dibuka untuk masyarakat umum. Berapa lama jarak waktu vaksin booster pertama ke kedua? hal ini sering dipertanyakan.

Adapun vaksin booster kedua diputuskan oleh pemerintah untuk mulai diberikan sebagai percepatan vaksinasi dan mempercepat proteksi masyarakat Indonesia.

Kasus Covid-19 di Indonesia semakin menurun, angka penularan dan kematian menurun drastis. Namun tidak ada salahnya untuk tetap memproteksi diri dengan vaksin, sebagai bentuk kewaspadaan dan pencegahan.

Saat ini muncul varian Covid-19 baru, yakni omicron XBB 1.5 yang disebut sangat menular, sebab itu pemerintah merasa perlu memberi vaksin booster kedua sebagai perlindungan masyarakat.

Vaksin booster Covid-19 kedua ini bisa Anda dapatkan secara gratis di pusat-pusat vaksin milik pemerintah dan di layanan kesehatan pemerintah seperti Puskesmas atau Rumah Sakit.

Sedangkan pencatatan data jumlah penerima vaksin masih dilakukan secara manual. “Pencatatan dilakukan manual sambil menunggu PeduliLindungi” tutur Jubir Kementerian Kesehatan dr Muhammad Syahril di Jakarta pada Kamis (31/1). Berikut syarat mendapatkan vaksin booster kedua.

Baca Juga : BPOM Izinkan Vaksin Covid-19 Untuk Anak 6 Bulan, Berapa Dosisnya?

Syarat Mendapatkan Vaksin Booster Kedua: 

  • Jangka waktu

Jarak waktu vaksin booster pertama ke kedua ialah enam bulan. Hal ini berdasarkan SE HK02.02/C/380/2023 tentang Vaksin Covid-19 Dosis Booster Kedua untuk Masyarakat Umum tertanggal 20 Januari 2023.

  • Usia

Vaksin Covid-19 booster kedua bisa didapatkan semua masyarakat yang berumur 18 tahun ke atas, diutamakan untuk lansia dan tenaga kesehatan. Anak-anak belum disarankan untuk mendapatkannya, saat ini anak-anak lebih dari 6 tahun diberikan vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua.

Jenis Vaksin Booster Kedua

Jenis vaksin booster kedua yang akan dipakai ialah beragam dan telah disetujui oleh BPOM serta sesuai jenis vaksin yang ada. Masyarakat dihimbau untuk melengkapi status vaksinnya, bagi yang belum lengkap vaksin dasar maupun booster untuk segera melengkapi.

“Kami menghimbau semua masyarakat yang belum di vaksin atau yang status vaksinasinya belum lengkap agar segera dilengkapi, jangan pilih-pilih karena vaksin terbaik ialah yang dilakukan sekarang juga” pungkas dr Syahril.

Jadi vaksin Covid-19 booster kedua ini bisa jadi proteksi untuk diri sendiri dan keluarga demi mencegah penularan maupun kematian akibat virus tersebut. Yuk segera lengkapi status vaksin Covid-19 di layanan kesehatan terdekat!

Baca Juga : Pemerintah Pastikan Vaksin Booster Kedua Untuk Masyarakat Gratis