Sejumlah Pemimpin Negara Kutuk Kunjungan Menteri Israel Ke Masjid Al Aqsa

Kunjungan Menteri Israel Itamar Ben-Gvir ke Masjid Al Aqsa pada Selasa (3/1) mendapat kecaman hingga kutukan dari sejumlah pemimpin Negara.

Sejumlah Pemimpin Negara Kutuk Kunjungan Menteri Israel Ke Masjid Al Aqsa
Sejumlah pemimpin Negara kutuk kunjungi Menteri Israel ke Masjid Al Aqsa. Gambar : REUTERS/Amir Cohen

BaperaNews - Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir datang ke kompleks Masjid Al Aqsa pada Selasa (3/1), ia dikawal dengan ketat, bahkan drone-drone beterbangan di area tersebut.

Media france24 mengunggah video, pasukan khusus berseragam hitam dengan rompi dan senjata mengawal Menteri Israel Itamar Ben-Gvir.

Kunjungan Menteri Israel ke Masjid Al Aqsa tersebut pun menjadi sorotan luas, mengingat Masjid Al Aqsa ialah situs suci bagi umat Islam dan Yahudi yang juga sering diserang oleh Israel hingga menimbulkan begitu banyak korban jiwa.

Menteri Israel Itamar Ben-Gvir tidak masuk ke masjid Al Aqsa, ia hanya berada di luar sekitar pukul 7 pagi waktu setempat, kondisi dilaporkan steril ketika ia datang, usai kunjungan, kondisi tetap aman terkendali, polisi pun tingkatkan keamanan hingga beberapa jam usai kunjungan Menteri Israel ke Masjid Al Aqsa.

Palestina : Kunjungan Menteri Israel Ke Masjid Al Aqsa Memicu Konflik Serius

Meski tidak ada masalah, kunjungan Menteri Israel Itamar Ben-Gvir ke Masjid Al Aqsa tersebut menuai kecaman, Itamar Ben-Gvir mendapat kalimat kutukan dari berbagai pemimpin dunia.

Kementerian Luar Negeri Palestina menyebut kunjungan Menteri Israel Itamar Ben-Gvir ke Masjid Al Aqsa tersebut bisa memicu konflik serius.

“Kunjungan Gvir ini ialah provokasi yang belum ada sebelumnya, ini ancaman serius di area konflik” tuturnya.

Baca Juga : Kronologi Warga Daegu Korsel Lempar Kepala Babi Ke Masjid Yang Sedang Dibangun

Yordani : Tindakan Itamar Ben-Gvir Adalah Sesuatu yang Parah

Sementara itu Yordania yang jadi wali penjaga situs suci Masjid Al Aqsa juga sampaikan kutukan serupa, menyebut tindakan Itamar Ben-Gvir ialah sesuatu yang parah.

“Yordania mengecam dalam istilah paling parah, penyerbuan ke Masjid Al Aqsa ini melanggar kesuciannya” ucap salah satu perwakilan pejabat Yordania.

Arab Saudi : Kunjungan Menteri Israel Itamar Ben-Gvir adalah Provokasi

Kemlu Arab Saudi juga mengecam Israel, menyebut kunjungan Menteri Israel ke Masjid Al Aqsa tersebut ialah provokasi yang bisa memicu konflik.

“Kemlu Arab Saudi menyampaikan kecaman dari Raja Arab atas tindakan pejabat Israel yang menyerbu Masjid Al Aqsa” tulisnya dalam pernyataan resmi.

Turki : Itamar Ben-Gvir Ancam Kesucian Masjid

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan kecamannya secara langsung. “Kami prihatin dengan tindakan provokatif Menteri Israel Ben Gvir terhadap Masjid Al Aqsa di bawah polisi dan kami mengutuknya, kami minta Israel bertanggung jawab untuk tidak memprovokasi dan melanggar status suci tempat-tempat di wilayah tersebut yang bisa memicu ketegangan”.

Israel selama ini selalu menyerang Palestina, tentu kunjungan Menteri Israel ke Masjid Al Aqsa menuai sorotan hebat, dikhawatirkan terjadi konflik di tempat suci tersebut.

Baca Juga : Usai Diresmikan, Kolam di Masjid Al Jabbar Dipakai Warga Untuk Berenang