Jokowi Klaim Putin Dan Xi Jinping Akan Hadiri KTT G20 Di Bali

Presiden RI Jokowi mengklaim Presiden Rusia dan Presiden China akan hadir di KTT G20 Bali pada November 2022 mendatang.

Jokowi Klaim Putin Dan Xi Jinping Akan Hadiri KTT G20 Di Bali
Jokowi Klaim Putin dan Xi Jinping akan datang KTT G20 di Bali. Gambar : Kremlin via Reuters

BaperaNews - Presiden Jokowi mengklaim bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping akan hadir di KTT G20 Bali pada November 2022 mendatang.

“Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga telah mengatakan kepada saya dia bakal datang” ujar Jokowi (18/8).

Kemenlu China belum merespons ataupun memberi konfirmasi, sedangkan pejabat yang familiar dengan isu ini di Kremlin mengkonfirmasi bahwa Putin memang berencana hadir secara langsung.

Ini ialah pertama kalinya Jokowi mengkonfirmasi kehadiran Xi Jinping dan Putin.

Sebelumnya Putin dan Jokowi berbicara melalui telepon pada hari Kamis. “Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Jokowi mengadakan percakapan telepon” bunyi pernyataan resmi dari Kedubes Rusia melalui Twitter.

Kedubes Rusia juga menuliskan, “Sehubungan dengan presidensi G20 Indonesia, persiapan untuk KTT Bali pada November juga disinggung”.

Para pemimpin Negara G20 diundang untuk bertemu di KTT G20 Bali pada November mendatang. Pertemuan ini ialah yang pertama kalinya sejak Rusia meluncurkan operasi militer di Ukraina. Rusia dan China ialah Negara yang dekat dan saling mendukung satu sama lain.

Baca Juga : Jokowi : Indonesia Dipercaya PBB Sampai Jadi Jembatan Damai Rusia Dan Ukraina

Sedangkan hubungan China dan Rusia memanas dengan Amerika Serikat.

AS mendukung Ukraina dan memberi sanksi internasional pada Rusia membuat hubungan keduanya panas. Sedangkan AS dan China sebelumnya memiliki hubungan diplomatik yang baik, namun sejak pihak AS datang ke Taiwan China langsung memberi kencaman.

China menganggap AS ialah provokator perang negaranya dengan Taiwan, China pun telah memutus segala bentuk kerjasama dengan AS akibat hal tersebut serta melakukan latihan militer besar - besaran di sekitar Taiwan.

Rusia dan China Beri Ucapan Selamat untuk HUT RI ke-77

Selain membahas tentang KTT G20, Putin juga tak lupa menyampaikan ucapan selamat atas HUT RI yang ke-77, membahas implementasi kesepakatan yang kerjasama yang dicapai, dan membahas kerjasama di bidang ekonomi serta perdagangan.

Xi Jinping melalui Dubes untuk Indonesia Lu Kang juga menyampaikan selamat bagi seluruh rakyat Indonesia atas perayaan HUT RI ke-77. Lu Kang menyebut Indonesia dan China punya sejarah yang panjang.

“Saya ucapkan selamat hari kemerdekaan dan harapan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia, juga kepada semua yang mendukung berkembangnya hubungan China dan Indonesia, kedua Negara memiliki sejarah yang gemilang” ujarnya.

Baca Juga : Joe Biden Beri Selamat HUT RI Ke-77 Ke Jokowi