Usai Diresmikan, Kolam di Masjid Al Jabbar Dipakai Warga Untuk Berenang

Ridwan Kamil baru saja meresmikan Masjid Raya Al Jabbar. Namun, beredar video di media sosial memperlihatkan banyaknya anak-anak yang berenang di kolam dekat tempat wudhu Masjid Al Jabbar.

Usai Diresmikan, Kolam di Masjid Al Jabbar Dipakai Warga Untuk Berenang
Kolase Foto Kolam di Masjid Al Jabbar Bandung dipakai warga untuk berenang. Gambar : Tangkapan layar TikTok/@liputancikarang

BaperaNews - Masjid Al Jabbar baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kang Emil) pada Jumat 30 Desember 2022.

Namun, area kolam di dekat tempat wudhu justru dijadikan tempat berenang oleh anak-anak. Masjid tersebut memang banyak menarik minat masyarakat untuk sekedar melihat maupun beribadah di dalamnya, akan tetapi terdapat sejumlah area yang disalahartikan.

Salah satunya ialah kolam dekat tempat wudhu yang dikira jadi tempat berenang anak-anak, padahal kolam tersebut seharusnya diperuntukkan bagi Jemaah cuci kaki sebelum berwudhu. Video anak-anak berenang di kolam Masjid Al Jabbar tersebut pun viral di media sosial.

Camat Gedebage Jaenudin membenarkan kejadian anak-anak berenang di kolam Masjid Al Jabbar, Jawa Barat, “Iya kemarin (Minggu 1/1)” ujarnya pada Senin (2/1).

Jaenudin menjelaskan aturan wajib bagi semua pengunjung Masjid Al Jabbar, salah satunya ialah larangan berenang di kolam tersebut.

“Tak boleh, sebenarnya itu bukan untuk renang” imbuhnya.

Jaenudin juga menyebut sebenarnya sudah ada Satpol PP yang berjaga di sekitar lokasi, dan soal pengamanan serta kepatuhan pengunjung masjid Al Jabbar terhadap aturan ia menyerahkan sepenuhnya pada Satpol PP yang bertugas.

“Ada Satpol PPnya yang standby terus, itu kewenangan Pemprov, kita tak bisa bicara banyak, tentang lingkungan saja baik masyarakat maupun area sekitar masjid ya” pungkasnya.

Baca Juga : Masjid Al Jabbar Bandung Dengan 4 Museum Nabi Akan Diresmikan Akhir Tahun

Di media sosial beredar banyak video anak-anak berenang di kolam Masjid Al Jabbar, Bandung. Masjid Al Jabbar nampak seperti waterbom.

Salah satunya di akun TikTok @liputancikarang, memperlihatkan kondisi kolam yang penuh dengan anak-anak, karena dijadikan tempat bermain, kolam jadi nampak keruh hingga muncul banyak genangan air di sekitarnya.

@liputancikarang Viral di media sosial anak-anak yang sedang bermain air dan berenang di kolam Masjid Al-Jabbar ???? #infojawabarat #liputancikarang #bandung #viral #news #masjidaljabbar ♬ suara asli - liputancikarang

Ridwan Kamil sendiri melalui akun Instagramnya sempat menyampaikan bahwa Masjid Al Jabbar ini ialah masjid yang ikonik, sengaja didesain ramah lansia dan ramah disabilitas agar semua kalangan bisa merasakan keindahan suasana maupun beribadah di masjid tersebut.

Sementara terkait video anak-anak berenang di kolam Masjid Al Jabbar ia memaklumi karena kondisi pada saat itu ramai, musim liburan sekolah sehingga pengunjung pun banyak berdatangan.

“Jadi kita maklumi, ini hal baru, ramai sangat, lebih baik sangat ramai daripada tidak ramai” tutur Ridwan Kamil pada Senin (2/1).

Meski demikian, Ridwan Kamil mengaku ke depannya akan melakukan perbaikan, salah satunya memberi papan pengumuman, agar tidak ada yang main air di tempat yang tidak seharusnya, agar pengunjung lebih tertib tidak buang sampah sembarangan, dan lainnya.

“Intinya dari kami memahami namun juga mengantisipasi agar hal tersebut tidak terulang lagi” pungkas Ridwan Kamil.

Baca Juga : 8 Masjid Dengan Desain Yang Unik Dan Indah Di Indonesia