Rekomendasi Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu destinasi favorite di Indonesia. Selain menyajikan panorama yang indah dan lengkap. Kota ini juga memiliki makanan khas Yogyakarta yang sayang untuk dilewatkan.

Rekomendasi Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi
Rekomendasi Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu destinasi favorite di Indonesia. Selain menyajikan panorama yang indah dan lengkap. Yogyakarta juga memiliki makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa makanan khas Yogyakarta mampu menggugah selera dan mampu memanjakan lidah anda.

Berikut rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba ketika berkunjung di Yogyakarta:

  1. Gudeg

Gudeg merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang paling populer. Makanan khas yang dibuat dari nangka muda ini diolah dengan santan dalam waktu yang cukup lama. Makanan khas Yogyakarta ini biasanya disajikan bersama dengan nasi, kuah santan kental, telur, tahu, ayam kampung, dan juga sambal goreng krecek. Memiliki rasa yang cukup masih, membuat gudeg digemari oleh banyak orang.

  1. Sate Klatak

Sate Klatak adalah sate yang dibuat dari daging kambing yang kemudian ditusuk menggunakan jeruji besi. Sate Klatak menjadi salah satu makanan khas Yogyakarta yang unik karena menggunakan jeruji besi untuk tusukannya. Pemilihan jeruji besi ini dinilai mampu menghantarkan panas dengan baik. Dengan demikian, saat pembakaran sate bagian dalam dagi menjadi matang sempurna. Sate yang dibumbui dengan sedikit garam dan ketumbar ini biasanya disajikan bersama nasi, kuah gulai atau kecap dan potongan cabai rawit.

  1. Tengkleng Gajah

Berbeda dengan namanya, tengkleng gajah ini bukan berasal dari daging gajah. Tulanng kambing yang disajikan pada tengkleng juga masih menempel beberapa daging-daging, serta sumsum yang tersembunyi di dalam tulang. Tengkleng gajah merupakan makanan sejenis sup dan gulai berisikan daging, jeroan, dan tulang kambing. Diberi nama tengkleng gajah karena memiliki ukuran dengan porsi yang besar.

Baca Juga: Momen Libur Lebaran, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi

  1. Oseng Mercon

Untuk kalian para penggemar kuliner pedas, oseng mercon bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat ketika berkunjung ke Yogyakarta. Sesuai dengan namanya makanan ini akan disajikan dengan tingkat kepedasan yang luar biasa saat memakannya. Oseng mercon ini berbahan dasar tetelan daging sapi atau koyor yang dimasak dengan cara dioseng alias ditumis.

  1. Tiwul

Nasi Tiwul berasal dari Kabupaten Gunungkidul. Olahan pengganti nasi ini terbuat dari singkong dan sudah muncul sejak zaman penjajahan Jepang. Kini Tiwul telah menjadi primadona bahkan menjadi ciri khas masakan Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan, dan Blitar.

  1. Gatot

Makanan khas Yogyakarta selanjutnya adalah Gatot. Memiliki bahan dasar yang sama dengan Tiwul yakni singkong. Gatot merupakan makanan olahan singkong yang dikupas lalu dijemur hingga kering. Baik tiwul maupun gatot keduanya terbuat dari singkong asli dari daerah Gunung kidul yang gersang.

  1. Belalang Goreng

Belalang goreng atau walang goreng merupakan makanan khas Yogyakarta yang cukup ekstrim. Kuliner ini berbahan dasar belalang yang digoreng kering dan renyah saat dimakan. Meskipun terlihat cukup ekstrim, ternyata belalang goreng ini memiliki nutrisi yang hampir serupa dengan ikan salmon.

  1. Bakpia

Bakpia merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta. Bakpia juga kerap diburu oleh wisatawan untuk menjadi buah tangan para wisatawan. Rasanya yang manis dan tekstur krispi membuah bakpia banyak digemari oleh para wisatawan. Makanan legendaris Yogyakarta ini memiliki banyak sekali varian rasa mulai dari kacang hijau, coklat, strawberry, hingga durian.

Baca Juga: Slow Beauty, Gaya Hidup Yang Lebih Ramah Lingkungan