Kuliah Sambil Kerja? Bukan Jadi Masalah lagi, Ikuti Poin Berikut Ini

Bagi kamu yang berencana Kuliah sambil kerja, berikut yang perlu diperhatikan !

Kuliah Sambil Kerja? Bukan Jadi Masalah lagi, Ikuti Poin Berikut Ini
Gambar : suneducationgroup

BaperaNews - Kuliah merupakan awal dari banyak sekali mahasiswa dalam menentukan kehidupan. Ada yang akan fokus untuk menyelesaikan S1, ada juga yang ingin langsung lanjut ke S2, dan ada pula yang memutuskan kuliah sambil bekerja.

Bagi kamu yang baru saja diterima di universitas dan memutuskan kuliah sambil bekerja, maka pilihan tersebut cukup menarik. Selain menambah pengalaman, tentu saja kamu juga punya penghasilan sendiri.

Jika kamu berencana untuk kuliah S1 sambil bekerja, maka ada 4 hal yang harus diperhatikan. Yuk langsung simak!

  1.       Pilihan kampus dan jurusan

Hal paling penting pertama adalah pilihan kampus dan jurusan yang dipilih. Pastikan kamu memilih kampus yang memiliki program kelas karyawan, dan lihat bagaimana sistem kuliahnya. 

Cari sistem kuliah yang menurut kamu paling fleksibel sehingga bisa meringkankan beban tugasmu nanti. Kamu juga harus pintar-pintar atur waktu ya.

Pilihan dari jurusan pun akan menjadi sangat penting dalam memilih pekerjaan. Seperti saat kamu telah diterima jurusan sastra Indonesia, maka mungkin saja bisa memilih bekerja freelance sebagai content writer.

Maka pilih pekerjaan sesuai dengan pengalaman yang diperlukan dalam jenjang kuliah.

  1.       Mata kuliah yang akan diambil

Dalam dunia perkuliahan mata kuliah akan menjadi momok tersendiri. Sehingga menuntut setiap mahasiswa untuk pandai mengatur waktunya. Nantinya jika jurusan yang dipilih memperbolehkan mahasiswanya memilih matkul sendiri, inilah saatnya. Kamu bisa mengatur waktu kuliah dan kerja dalam satu waktu.

  1.       Cari tempat kerja yang memberikan sertifikat

Sertifikat kerja akan jadi penting untuk mendaftar kerja nantinya. Maka sebelum memilih pekerjaan, kamu bisa mencari tahu apakah tempat kerja tersebut memberikan sertifikat. Dengan begitu pengalaman dan portofolio akan semakin bertambah.

Namun jika tidak memberikan setifikat, kamu bisa menentukan pekerjaan yang betul-betul mengasah skill.

  1.       Dana kuliah

Memutuskan kuliah sambil kerja, kemungkinan ada alasan dana dibelakang itu semua. Sehingga pilihan tersebut menjadi semakin besar untuk dilakukan. Pastikan kamu sisihkan langsung dari gajimu untuk membayar biaya semester nanti, jangan pernah ditunda !, Ini akan sangat membantu. Kamu bisa hitung berapa biaya kuliah per semester, lalu kamu bagi dalam 6 bulan. Namun bila kampusmu menerima cicilan, itu lebih baik.

Semua poin yang telah dijabarkan di atas tentu saja akan sangat penting untuk mahasiswa baru dalam menentukan pilihan. Tidak mudah untuk bekerja sambil kuliah, namun bukan menjadi kendala jika mau mencoba.