Puncak Bogor Akan Ditutup Mulai Pukul 18.00, Ada Car Free Night Malam Tahun Baru

Kawasan Puncak, Bogor akan ditutup mulai pukul 18.00 saat malam Tahun Baru 2024 sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan.

Puncak Bogor Akan Ditutup Mulai Pukul 18.00, Ada Car Free Night Malam Tahun Baru
Puncak Bogor Akan Ditutup Mulai Pukul 18.00, Ada Car Free Night Malam Tahun Baru. Gambar : Dok. Dream.co.id

BaperaNews - Menjelang perayaan Tahun Baru 2024, kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, siap menjalankan kebijakan car free night sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan dan memberikan ruang bagi warga yang ingin merayakan malam tahun baru dengan suasana yang tenang dan nyaman.

Arus lalu lintas dari Jakarta menuju Puncak akan ditutup mulai pukul 18.00 WIB pada tanggal 31 Desember 2023.

Kapolresta Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro, mengimbau kepada masyarakat yang berencana berlibur di Puncak agar tiba sebelum pukul 18.00 WIB.

Kebijakan car free night ini berlaku hingga pukul 01.00 WIB pada 1 Januari 2024.

"Jadi, kami imbau masyarakat yang ingin berlibur saat malam tahun agar memasuki kawasan Puncak lebih awal, karena pada 31 Desember, pukul 18.00 WIB, hingga 1 Januari 2024, pukul 01.00 WIB, kami terapkan car free night," ungkap Rio seperti dilansir Antara pada Kamis (28/12).

Baca Juga : Car Free Night Malam Tahun Baru, Ini Jam Sudirman-Thamrin Ditutup

Untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi di kawasan Puncak, Polres Bogor juga akan menerapkan kebijakan ganjil-genap bagi kendaraan bermotor menjelang libur Tahun Baru 2024.

"Pada tanggal 27-29 Desember 2023, ganjil-genap tetap berlaku. Kami menggunakan kebijakan ini untuk mengatur jumlah kendaraan yang dapat masuk ke Puncak," tambah Rio.

Bagi para pengendara yang hendak menuju ke Cianjur atau Bandung, tersedia dua jalur alternatif yang dapat digunakan.

Pertama, Jalur Cibubur-Cianjur via Jonggol dengan rute Cibubur-Cileungsi-Jonggol Cariu-Cikalong-Cianjur. Kedua, Jalur Ciawi-Cianjur via Sukabumi dengan rute Ciawi-Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi-Cianjur.

Polres Bogor telah menyiapkan langkah pengamanan dengan mengerahkan 875 personel. Personel tersebut akan ditempatkan di beberapa titik rawan macet, terutama di kawasan Puncak, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas dan memastikan kelancaran perayaan malam tahun baru.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Lokasi Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta, TMII Paling Indah!