Piala Asia 2023: Jepang Kalahkan Indonesia 1-3

Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 1-3 di laga terakhir Grup D Piala Asia 2023. Baca selengkapnya di sini!

Piala Asia 2023: Jepang Kalahkan Indonesia 1-3
Indonesia Gagal Melaju ke 16 Besar Piala Asia Usai Dikalahkan Jepang. Gambar: Dok. AFC

BaperaNews - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 1-3 dalam laga penentuan di matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, pada Rabu (24/1).

Hasil pertandingan Indonesia vs Jepang ini memastikan langkah Garuda terhenti di fase grup, sementara Jepang melaju ke babak 16 besar sebagai runner-up grup.

Ayase Ueda menjadi bintang kemenangan untuk Jepang dengan mencetak dua gol, sedangkan satu gol lainnya merupakan hasil dari gol bunuh diri Justin Hubner. Timnas Indonesia hanya mampu membalas satu gol melalui Sandy Walsh di injury time.

"Kami bermain sebaik mungkin, namun Jepang menunjukkan kualitasnya," ujar Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, mengomentari jalannya pertandingan.

Laga dimulai dengan dominasi Jepang yang berhasil mendapatkan penalti hanya dalam waktu tiga menit setelah Jordi Amat menjatuhkan Ayase Ueda di kotak penalti. Ueda sendiri yang maju sebagai eksekutor berhasil mengonversi penalti tersebut menjadi gol.

Tekanan Jepang terus berlanjut dan berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-52 melalui gol kedua Ueda, sebelum gol bunuh diri Hubner memperlebar jarak menjadi 3-0. Indonesia hanya mampu memperkecil ketertinggalan menjelang akhir pertandingan.

Baca Juga: Pratama Arhan Resmi Gabung Suwon FC

Dalam pertandingan ini, Indonesia vs Jepang menampilkan penguasaan bola yang dominan oleh Jepang dengan persentase mencapai 73%, serta total tembakan yang mencapai 14 kali, dibandingkan hanya 3 kali oleh Timnas Indonesia. Hal ini menegaskan keunggulan tim Samurai Biru dalam pertandingan tersebut.

Para pemain Timnas Indonesia berusaha keras untuk menembus pertahanan Jepang dan menciptakan beberapa peluang. Namun, pertahanan Jepang dan kurangnya efektivitas serangan Garuda menjadi faktor utama kekalahan tim.

"Kami harus belajar dari kekalahan ini dan mempersiapkan tim lebih baik lagi untuk kompetisi selanjutnya," tambah Shin Tae-yong.

Dengan hasil ini, Jepang berhasil memastikan posisi mereka di babak 16 besar Piala Asia 2023, sementara Indonesia harus puas dengan posisi ketiga di grup D. Kinerja tim di turnamen ini akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan di masa mendatang.

Harapan Timnas Indonesia untuk melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 masih terjaga. Meskipun berada di posisi ketiga dalam Grup D, peluang Garuda untuk berkompetisi di babak gugur masih dapat dipertahankan. Kunci dari asa ini terletak pada hasil pertandingan Grup E dan F yang akan berlangsung pada Kamis malam (25/1).

Saat ini, Indonesia menempati urutan keempat dalam daftar tim peringkat ketiga terbaik, berada di bawah Palestina, Suriah, dan Bahrain. Untuk memastikan langkah ke babak selanjutnya, Indonesia memerlukan Bahrain kalah dari Yordania dengan selisih minimal tiga gol, yang saat ini berada di posisi ketiga Grup E.

Jika Bahrain kalah dengan selisih tiga gol dari Yordania, Timnas Indonesia akan otomatis melaju ke babak 16 besar tanpa perlu memikirkan hasil pertandingan antara Kirgistan dan Oman di Grup F.

Namun, jika skenario ini tidak terwujud, maka Timnas Indonesia akan bergantung pada hasil imbang dalam pertandingan Kirgistan versus Oman. Hasil imbang ini akan memastikan poin Oman tidak melebihi Indonesia sehingga memungkinkan Garuda melenggang ke fase gugur.

Baca Juga: AC Milan Sempat Hentikan Laga Usai Kiper Jadi Korban Rasisme