Pembangunan 8 Lapangan Training Timnas di IKN Dibiayai FIFA

8 Lapangan training di IKN akan segera dibangun dan biaya pembangunannya akan ditanggung oleh FIFA (Federasi Sepakbola Internasional).

Pembangunan 8 Lapangan Training Timnas di IKN Dibiayai FIFA
Pembangunan lapangan training di IKN dibiayai FIFA. Gambar : Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNews - Training Center di Ibukota Nusantara (IKN) akan dibangun. Hal ini digagas oleh Presiden Jokowi dan Ketum PSSI Erick Thohir untuk mendukung sarana prasarana sepakbola Indonesia yakni untuk Timnas Indonesia.

Jokowi baru saja berkunjung ke IKN meninjau pembangunan Ibukota yang berlokasi di Kalimantan Timur. Jokowi menunjukkan lokasi yang akan jadi 8 lapangan untuk training center sepakbola.

Lapangan training di IKN tersebut akan segera dibangun dalam waktu cepat tidak lebih dari setahun. “Lapangan training IKN untuk sepak bolanya PSSI ini akan segera dibangun dan diharapkan bisa selesai kurang dari setahun” tutur Presiden Jokowi ketika berada di Penajam Paser Utara pada Jumat (24/2).

Sedangkan pembiayaan pembangunan lapangan training di IKN tersebut ditanggung oleh FIFA (Federasi Sepakbola Internasional). Jokowi menilai hal ini ialah bukti adanya kepercayaan internasional pada pembangunan IKN.

Jika lapangan training IKN bisa selesai dibangun kurang dari setahun diharapkan bisa dipakai untuk persiapan Timnas Indonesia dalam menghadapi laga seperti laga Piala AFF 2024. Selama ini timnas Indonesia berlatih di sekitar Gelora Bung Karno ketika persiapan menghadapi berbagai turnamen.

Baca Juga : Mobil Terbang Akan Di Uji Coba Di IKN 2024 Mendatang!

Selain lapangan training di IKN di kawasan 1B dan 1C, di IKN juga akan dibangun fasilitas kesehatan, pendidikan, dan housing. Sedangkan kantor pusat pemerintahan dibangun di kawasan IA yang di dalamnya ada Istana Kepresidenan.

Jokowi menaruh perhatian tidak hanya pada pembangunan Istana Negara namun juga pada lapangan training center di IKN ini. Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi oleh Ketum PSSI yang baru Erick Thohir dan dua Exco PSSI Muhammad dan Juni Rachman.

“Terima kasih pak Presiden, ini sebuah kehormatan, bapak sudah membangun training center di tengah kota. Kami pastikan segera selesai pembangunannya karena sudah ada dana dari FIFA, kalau berkenan nanti pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong juga akan kami bawa kesini untuk melihatnya” ucap Erick Thohir.

IKN dibuat dengan fasilitas lengkap, tidak hanya tentang pemerintahan namun juga segala hal yang berhubungan dengan kemasyarakatan mulai dari pendidikan, kesehatan, perumahan, perbelanjaan, pusat bisnis, dan pusat teknologi hingga pusat olahraga.

Diharapkan IKN bisa menjadi warna dan langkah baru Indonesia untuk pemerataan pembangunan, agar pembangunan dan persebaran masyarakat bisa lebih merata, tidak hanya di Jawa.

Baca Juga : FIFA Beri Bantuan Rp 15 Miliar Untuk Korban Gempa Turki dan Suriah