Ofer Ketter : Penumpang Kapal Selam Wisata Titanic Tak Sempat Rasakan Sakit

Kapal selam wisata Titanic mengalami ledakan dahsyat di dasar Samudra Atlantik, menewaskan 5 penumpang di dalamnya. Simak selengkapnya!

Ofer Ketter : Penumpang Kapal Selam Wisata Titanic Tak Sempat Rasakan Sakit
Ofer Ketter : Penumpang Kapal Selam Wisata Titanic Tak Sempat Rasakan Sakit. Gambar : Facebook/OceanGate Expeditions

BaperaNews - Kapal selam wisata Titanic yang lakukan perjalanan untuk melihat bangkai Titanic di dasar Samudra Atlantik dipastikan telah hancur usai meledak dahsyat.

Ledakan membuat ke-5 penumpang kapal selam wisata Titanic yang ada di dalamnya diperkirakan tewas seketika tanpa mengetahui apa yang terjadi.

Puing-puing kapal selam wisata milik Ocean Gate tersebut ditemukan pada Kamis (22/6) pada jarak 499 meter dari bangkai Titanic. Kapal diduga meledak setelah 1 jam 45 menit dinyatakan hilang. Semua penumpang kapal selam wisata Titanic dipastikan tewas, jenazah hancur bersama kapal.

Pakar penyelaman dan pendiri perusahaan kapal selam Sub Merge, Ofer Ketter menyebut kapal selam wisata Titanic meledak saat berada di jarak 3 km bawah permukaan air laut ketika komunikasi terputus. Pada kedalaman tersebut, tekanan air sangat besar, membuat lambung kapal selam alami keretakan dan berujung meledak.

Ledakan diduga terjadi dalam hitungan milidetik bahkan nanodetik. Ledakan yang super cepat membuat otak para korban tidak sempat memproses rasa sakit yang terjadi.

“Mereka tidak pernah tahu itu telah terjadi, ini hal positif pada kejadian yang negatif. Bahkan sebelum otak mereka bisa mengirim pesan ke tubuhnya bahwa mereka mengalami rasa sakit” kata Ofer. 

Baca Juga : Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan Hancur, Semua Penumpang Tewas

“Kita cenderung yakin ledakan terjadi cepat dan menimpa semuanya, tapi saya tekankan lagi sebenarnya kita belum tahu kejadian sebenarnya” sambung Pakar Kelautan Harvard University Peter Girguis.

Kapal selam wisata Titanic sebenarnya telah beroperasi cukup lama. Tahun 2021, Titanic berhasil menyelam dengan baik di kedalaman 4 km di bawah permukaan air laut.

Namun kini terjadi kecelakaan yang tidak terduga. Meski semuanya telah dipersiapkan dengan baik, manusia tetap sulit perkirakan apa yang terjadi di alam bebas termasuk di dasar lautan.

Sebagai informasi, kecelakaan kapal selam wisata Titanic menewaskan 5 penumpang kapal selam wisata Titanic di dalamnya, mereka ialah :

  1. CEO dan Pendiri Ocean Gate – Stockton Rush (61)
  2. Penjelajah dan miliarder Inggris – Hamish Harding (58)
  3. Penyelam dan penjelajah Titanic asal Prancis – Paul Henri Nargolet (77)
  4. Pengusaha asal Pakistan – Shahzada Dawood (48)
  5. Putra Shahzada – Sulaeman (19)

Jenazah semua penumpang dipastikan tidak akan bisa ditemukan, jenazah telah meledak bersama kapal, membaur bersama puing di dasar laut serta terbawa arus.

“Hati kami bersama para korban” bunyi pernyataan resmi Ocean Gate.

Baca Juga : Kapal Selam Wisata Titanic Hilang Kontak