Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan Hancur, Semua Penumpang Tewas

Kapal selam wisata Titanic yang menjelajahi Samudra Atlantik untuk melihat bangkai kapal Titanic dipastikan telah hancur bersama para penumpang di dalamnya.

Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan Hancur, Semua Penumpang Tewas
Kapal selam wisata Titanic ditemukan hancur. Gambar : Reuters/Handout OceanGate

BaperaNews - Kapal selam wisata Titanic yang menjelajahi Samudra Atlantik untuk melihat bangkai kapal Titanic dipastikan telah hancur bersama para penumpang di dalamnya.

Kapal selam wisata Titanic milik Ocean Gate Expeditions ini telah ditemukan puing-puingnya di kedalaman 4 km dibawah permukaan laut. Kapal selam sepanjang 6,7 meter itu mengalami ledakan dahsyat di laut dalam. 5 penumpang di dalamnya tewas, jenazah hancur bersama puing kapal.

Kendaraan selam robotic yang dikerahkan oleh Kanada untuk membantu pencarian telah temukan puing kapal selam wisata Titanic yang bernama Titan tersebut pada Kamis pagi (22/6) waktu setempat.

Penemuan puing kapal selam Titan mengakhiri masa sulit pencarian. Puing berada sekitar 488 meter dari bangkai kapal Titanic yang merupakan sudut terpencil di Samudra Atlantik Utara.

Kapal selam Titan sebelumnya dilaporkan hilang kontak pada Minggu pagi (18/6), sekitar 1 jam 45 menit setelah turun ke dasar laut untuk membawa penumpang kapal selam wisata Titanic melihat bangkai kapal Titanic. Seharusnya kapal kembali dalam 2 jam setelah menyelam, namun tak kunjung ada kabar hingga dilaporkan hilang dan meledak.

Bagian yang paling nyata ditemukan di area puing yang hancur ialah kerucut ekor kapal selam dan dua bagian lambung kapal yang telah dipastikan milik kapal selam Titan. Namun tidak ditemukan jenazah manusia di lokasi puing.

Sulit untuk jenazah manusia bisa utuh di suatu ledakan di dalam laut, besar kemungkinan jenazah telah hancur, dimakan ikan, ataupun lenyap terbawa arus laut.

“Area puing itu konsisten dengan ledakan dahsyat dari kendaraan itu” kata Laksamana Pertama John Mauger dari Penjaga Pantai Amerika Serikat.

Baca Juga : Kapal Selam Wisata Titanic Hilang Kontak

Bangkai kapal Titanic sendiri berada 3,8 km dibawah permukaan air laut dimana tekanan di dalamnya mencapai 380 kali dari tekanan atmosfer di bumi. Diduga terjadi kegagalan di lambung kapal selam Titan sehingga menyebabkan adanya ledakan dahsyat atau catastrophic implosion.

“Pria-pria ini (korban) adalah penjelajah sejati yang punya semangat berpetualang dan kecintaan mendalam pada samudra dunia. Hati kami bersama dengan kelima jiwa ini dan tiap anggota keluarga mereka dalam kejadian yang tragis ini” bunyi pernyataan dari perusahaan Ocean Gate.

Pencarian kapal selam Titan dan penumpang kapal selam wisata Titanic resmi dihentikan, seluruh penumpang dan awak di dalamnya tewas. Tidak ada yang selamat dalam kecelakaan kapal selam tersebut. Berikut daftar penumpang kapal selam wisata Titanic pada kecelakaan kapal selam Titan.

Daftar Penumpang Kapal Selam Titan untuk Wisata Titanic : 

  1. Stockton Rush (pengemudi kapal sekaligus pendiri dan Chief Executive Officer Ocean Gate)
  2. Miliarder asal Inggris Hamish Harding
  3. Pengusaha asal Pakistan Shahzada Dawood dan putranya Sulaeman
  4. Pakar Titanic ahli oseanografi asal Prancis Paul Henri Nargeolet (telah mengunjungi bangkai kapal Titanic berulang kali)

Baca Juga : Kapal Titanic II Siap Berlayar Tahun Ini, Dibuat Persis Seperti Kapal Aslinya!