Majalah Bobo Hingga Tabloid Nova Akan Berhenti Terbit

Kabar menyedihkan datang dari Kompas Gramedia (KG Media), pihaknya menyatakan bahwa akan menghentikan penerbitan Tabloid Nova, Majalah Bobo Junior, Majalah Mombi, dan Majalah Mombi SD.

Majalah Bobo Hingga Tabloid Nova Akan Berhenti Terbit
Majalah Bobo hingga Tabloid Nova akan berhenti terbit. Gambar : Dok. Gramedia

BaperaNews - Kompas Gramedia (KG Media) dikabarkan akan menghentikan penerbitan Tabloid Nova, Majalah Bobo Junior, Majalah Mombi, dan Majalah Mombi SD. Hal tersebut diketahui dari surat bernomor 085/SirDis/XII/2022 yang banyakdi sosial media dan kalangan pekerja media.

Surat tersebut telah ditandatangani oleh GM Circulation & Distributor Titus Kitot KS pada 1 Desember 2022 itu ditujukan kepada para pemimpin toko buku dan pemimpin agen dan mitra bisnis. Tidak disebutkan kenapa alasan Majalah-Majalah tersebut berhenti terbit.

Namun, muncul banyak spekulasi dari warganet yang mengatakan kalau Majalah tersebut sepi peminat.

Kabar Kompas Gramedia berhenti terbitkan Majalah Bobo hingga Tabloid Nova ini membuat sedih para pembaca yang dari dahulu selalu ditemani dengan Majalah-Majalah tersebut.

Lalu kapan Majalah Bobo berhenti terbit? "Sesuai dengan surat edaran dari Grid Network, dengan ini kami sampaikan bahwa terdapat 4 media cetak yang akan berhenti terbit per Januari 2023, yaitu Tabloid Nova, Majalah Bobo Junior, Majalah Mombi, dan Majalah Mombi SD," bunyi surat tersebut yang dikutip pada Rabu (21/12).

Baca Juga : Restoran Fish & Co Bakal Tutup Per 31 Desember 2022

Edisi Majalah terakhir dari empat media cetak Nova, Bobo dan Mombi

  1. Tabloid Nova edisi bundling No.1818 dan 1819 terbit 22 Desember 2022
  2. Majalah Bobo Junior No.20 terbit 21 Desember 2022
  3. Majalah Mombi No.08 terbit 28 Desember 2022
  4. Majalah Mombi Junior SD No.213 terbit 21 Desember 2022

Oleh karena itu, Kompas Gramedia mengingatkan kewajiban retur dan pembayaran atas produk-produk yang masih tersisa dapat diselesaikan oleh toko buku dan agen sesuai ketentuan berlaku paling lambat 28 Februari 2023 sebelum akhirnya Kompas Gramedia berhenti terbitkan Majalah Bobo, Tabloid Nova sampai Majalah Mombi.

Sebelum Majalah Bobo berhenti terbit, diketahui  bahwa Majalah Bobo sudah terbit sejak 14 April 1973 loh. Sebelum diedarkan dalam bentuk Majalah, Bobo terbit di Harian Kompas bagian halaman anak-anak yang pastinya ditargetkan untuk kalangan anak-anak, serta mempunyai 16 halaman saat itu.

Halaman Bobo sendiri diadaptasi dari Majalah terbitan yang ada di negeri Belanda dengan judul yang sama dan sudah terbit sejak tahun 1968. Nama Bobo ialah merupakan maskot untuk mengisi kolom komik di Majalah tersebut. Sebagian besar isi dari Majalah Bobo diambil dalam versi Belandanya yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk bahasa Indonesia.

Baca Juga : Zenly Ditutup Februari 2023, Simak Cara Unduh Data Pengguna Agar Tak Hilang