Kronologi Pesawat Yeti Airlines Jatuh di Nepal: 68 Orang Tewas!

Pesawat Yeti Airlines yang membawa 72 oenumpang mengalami kecelakaan hebat, pesawat jatuh di Nepal pada Minggu (15/1). Berikut kronologi pesawat Yeti Airlines jatuh di Nepal.

Kronologi Pesawat Yeti Airlines Jatuh di Nepal: 68 Orang Tewas!
Kronologi pesawat Yeti Airlines jatuh di Nepal. Gambar : AP PHOTO/Krishna Mani Baral

BaperaNews - Pesawat Yeti Airlines berpenumpang 72 orang jatuh di Nepal pada Minggu (15/1). Akibat kecelakaan tersebut, 68 orang tewas, termasuk 15 orang warga asing.

Pesawat dikabarkan sempat oleng sebelum jatuh dan meledak menabrak jurang. Berikut kronologi pesawat Yeti Airlines jatuh di Nepal yang sudah diringkas oleh Tim Redaksi BaperaNews. 

Kronologi Pesawat Yeti Airlines Jatuh di Nepal:

  • Rute Terbang

Pesawat Yeti Airlines awalnya terbang dari Kathmandu ke Pokhara, di tengah perjalanan, pesawat menabrak tebing jurang yang berada antara bandara internasional baru dan bandara lokal Pokhara, sesaat sebelum pukul 11.00 siang waktu setempat.

  • Pesawat Oleng

Sejumlah video beredar di media sosial merekam detik-detik pesawat Yeti Airlines jatuh di Nepal, pesawat sempat oleng kemudian jatuh menabrak jurang dengan dentuman suara sangat keras. Tak lama kemudian, helikopter berdatangan untuk memberi pertolongan dan melakukan evakuasi.

  • Kontak Terakhir

Pesawat tersebut melakukan kontak terakhir dengan bandara Pokhara pada pukul 10.50 waktu setempat, 18 menit usai lepas landas. Pesawat kemudian lanjut bergerak turun ke Ngarai Sungai Seti.

Baca Juga : Viral! Video Detik-Detik Pesawat Jatuh Di Nepal

  • 68 Orang Tewas

68 orang tewas dalam kecelakaan pesawat Yeti Airlines. Otoritas penerbangan sipil Nepal menyebut angkatan darat dan departemen kepolisian setempat langsung menuju lokasi kecelakaan usai mendapatkan kabar pesawat Yeti Airlines jatuh di Nepal. 37 orang laki-laki tewas, 25 perempuan tewas termasuk 3 anak-anak dan 3 bayi.

TV lokal juga memperlihatkan gambar asap hitam sangat tebal mengepul di dekat lokasi kecelakaan, petugas penyelamat datang juga banyak orang berkumpul di sekitar lokasi. Ratusan petugas menjelajahi lokasi yang berupa lereng bukit.

  • Petugas Sulit Lakukan Evaluasi

Petugas mengaku sulit melakukan evakuasi karena lokasi yang tinggi, separuh badan pesawat di lereng bukit. “Saya melihat pesawat bergetar, gerak ke kiri dan kanan lalu tiba-tiba hidungnya menukik dan jatuh sangat keras ke jurang” tutur warga sekitar lokasi bernama Khum Bahadur.

  • Pernyataan PM Nepal

Perdana Menteri Nepal Pushpa Kamal menyatakan kesedihannya atas kecelakaan pesawat Yeti Airlines. “Saya sangat sedih atas kecelakaan yang tragis dan menyedihkan ini. Saya minta personel keamanan dan semua badan pemerintahan Nepal dan publik untuk lakukan penyelamatan efektif” tuturnya.

  • Kecelakaan Paling Mematikan

Kejadian pesawat Yeti Airlines jatuh di Nepal ini dinyatakan sebagai kecelakaan paling mematikan yang ketiga di sejarah Negara Himalaya. Kejadian serupa pernah terjadi tahun 1992 lalu pada bulan Juli dan September, kala itu, kecelakaan membuat 113 tewas dengan 167 orang penumpang. Pesawat yang mengalami ialah Thai Airways dan International Pakistan.

  • Nepal Tak Asing dengan Kecelakaan Udara

Nepal ialah Negara dengan 14 gunung tertinggi di dunia, baginya, kecelakaan pesawat seolah bukan sesuatu yang asing.

Baca Juga : Tragedi MH370, Diduga Setelah 8 Tahun Hilang Kini Puing Pesawat Ditemukan Di Madagaskar