Kemenhub: Tarif Khusus LRT Jabodebek Berlaku Hingga Akhir Tahun

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa tarif khusus LRT Jabodebek untuk penumpang berlaku hingga akhir tahun 2023.

Kemenhub: Tarif Khusus LRT Jabodebek Berlaku Hingga Akhir Tahun
Tarif Khusus LRT Jabodebek. Gambar : Dok. KAI

BaperaNews - Kemenhub memberlakukan tarif khusus LRT Jabodebek untuk penumpang sampai akhir tahun 2023 ini. Jubir Kemenhub Adita Irawati belum menjelaskan secara detail soal tarif LRT Jabodebek tersebut.

Namun ia memastikan tarif khusus LRT Jabodebek akan berlaku sampai akhir tahun 2023. Tarif tersebut lebih murah dibanding yang diatur Menhub Budi Karya Sumadi pada Keputusan Menhub 67/2003 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Jabodebek untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

“Ada rencana nanti tarif LRT Jabodebek diterapkan sama dengan tarif khusus LRT Jabodebek sampai akhir tahun nanti. Tarif khusus itu yang diterapkan ketika launching komersial. Ini lebih murah dari yang diatur di Keputusan Kemenhub. Mohon ditunggu saja pengumuman resminya” kata Adita pada Kamis (10/8).

LRT Jabodebek mulai dioperasikan untuk masyarakat umum pada 26 Agustus 2023 dimana tarif LRT Jabodebek telah ditentukan Rp 5.000 untuk kilometer pertama dan Rp 7000 untuk kilometer berikutnya.

Namun tarif tersebut masih dianggap mahal oleh sebagian orang. Sebab itu tarif LRT Jabodebek sebesar Rp 20.000 dirasa masih perlu diberi subsidi dan menurut Presiden Jokowi juga tarif semua kendaraan umum harus mendapat subsidi dari pemerintah berupa public service obligation (PSO).

Baca Juga : Jokowi: LRT Jabodebek Beroperasi 26 Agustus 2023

“Baik yang namanya kereta Bandara, TransJakarta, KRL kereta api mau MRT LRT kereta cepat semuanya harus ada subsidinya” kata Jokowi pada Kamis (10/8) usai mencoba LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas.

Jokowi menyebut dengan adanya subsidi diharapkan pengguna kendaraan pribadi bisa beralih ke kendaraan umum. Namun Jokowi belum menyebut berapa tarif khusus LRT Jabodebek atau berapa jumlah nominal subsidi yang diberikan pemerintah untuk LRT Jabodebek.

Pihak LRT Jabodebek akan mengumumkan secara resmi berapa tarif yang mereka tentukan termasuk berapa tarif khusus yang diterapkan di masa pertama operasional. Yang pasti tarif khusus itulah yang berlaku sampai akhir tahun 2023. Jikalau ada kenaikan atau perubahan tarif artinya akan terjadi di tahun 2024 mendatang.

Terlepas dari berapa tarif khusus ataupun tarif LRT Jabodebek, LRT Jabodebek telah menjalani sederet uji coba dan siap untuk dipergunakan masyarakat umum pada 26 Agustus 2023 mendatang.

Diharapkan LRT Jabodebek mendapat antusias yang baik dari masyarakat dan bisa menjadi salah satu media masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Baca Juga : Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Cuma Rp 200 Ribuan!