Mahasiswa Punya Usaha? Bisa Dapat Bantuan Dana Lewat P2MW, Cek Syaratnya!

Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 resmi dibuka! Ikuti kesempatan mendapat bantuan dana usaha Rp 20 juta oleh Kemendikbudristek. 

Mahasiswa Punya Usaha? Bisa Dapat Bantuan Dana Lewat P2MW, Cek Syaratnya!
Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Gambar : Instagram @Ditjen.dikti

BaperaNews - Bagi Anda mahasiswa yang sedang membuat usaha, ikuti kesempatan mendapat bantuan Rp 20 juta dengan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek. 

P2MW ialah program bantuan dan pendampingan usaha untuk mahasiswa yang merintis usaha. Dirjen Dikristek melaksanakan P2MW 2023 ingin mencetak mahasiswa wirausaha dan menguatkan ekosistem kewirausahaan di Perguruan Tinggi. 

Pada program P2MW tahun 2022 lalu, telah tercapai 3,781 (151,2%) mahasiswa yang bergabung, mereka ialah yang menjalankan usaha makanan, minuman, hingga bidang digital.

Pada P2MW 2023, ada dua kriteria usaha baru yang boleh mendaftar yakni manufaktur dan digital untuk mendorong mahasiswa berperan aktif mendorong digitalisasi serta meningkatkan ekspor di Indonesia. 

Jenis usaha yang bisa diajukan ialah jualan makanan atau minuman, budidaya atau pertanian pangan, peternakan hewan, industri seni, budaya, wisata, jasa dan dagang barang, manufaktur (memproses bahan baku jadi bahan jadi), bisnis digital, dan teknologi terapan (usaha untuk menaikkan nilai ekonomi suatu produk).

Lulusan P2MW diharapkan bisa mencetak SDM yang tidak hanya mencari kerja atau job seeker namun bisa menjadi job creator atau pencetak lapangan kerja agar mengurangi jumlah pengangguran terdidik. Pendaftaran P2MW dibuka hingga 21 Maret 2023 di website kesejahteraan.kemdikbud.go.id.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program P2MW, penting untuk mengetahui besaran bantuan dana P2MW Kemdikbud, syarat perguruan tinggi untuk daftar P2MW dan syarat daftar P2MW 2023 untuk mahasiswa.

Baca Juga : Simak! Syarat Hingga Cara Daftar GoFood Untuk Usaha Milik Pribadi

Bantuan Dana P2MW Kemdikbud 2023

Bantuan dana ada 2 bagian yaitu manajemen dan kelompok usaha mahasiswa. Dana untuk kelompok di tahap awal ialah Rp 15 juta dan tahap untuk usaha bertumbuh maksimal Rp 20 juta. Sedangkan dana manajemen sebesar Rp 3 juta per kelompok. Satu kelompok usaha harus berasal dari mahasiswa perguruan tinggi yang sama.

Syarat Perguruan Tinggi Untuk Daftar P2MW 2023

  • Berada di lingkungan Kemendikbudristek.
  • Menjalankan seleksi internal proposal usaha dan kelompok pesertanya
  • Ada dosen pendamping wirausaha

Syarat Daftar P2MW 2023 Untuk Mahasiswa

  • Mahasiswa aktif maksimal semester 7 (ketika pengajuan proposal).
  • Tiap mahasiswa hanya boleh daftar di satu kelompok dan tidak masuk program flagship MBKM 20 SKS.
  • Tiap kelompok terdiri dari 3-5 mahasiswa, ada ketua dan anggotanya.
  • Tiap kelompok hanya boleh pilih satu tahap dan satu jenis usaha.
  • Produk yang diusulkan bukan waralaba, titip jual, reseller, atau usaha orang lain.
  • Proposal usaha yang disampaikan tidak sedang mendapat bantuan sejenis.

Baca Juga : Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka, Jangan Sampai Telat Daftar!