Jokowi: LRT Jabodebek Beroperasi 26 Agustus 2023

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa LRT Jabodebek berpotensi untuk memulai operasi massal bagi masyarakat umum pada tanggal 26 Agustus 2023.

Jokowi: LRT Jabodebek Beroperasi 26 Agustus 2023
Jokowi: LRT Jabodebek Beroperasi 26 Agustus 2023. Gambar : Jawapos/Dok. Dery Ridwansah

BaperaNews - Presiden Jokowi menjawab pertanyaan masyarakat tentang LRT Jabodebek kapan beroperasi. Presiden Jokowi menyebut LRT Jabodebek kemungkinan akan mulai beroperasi secara massal untuk masyarakat umum pada 26 Agustus 2023.

Jokowi menjawab pertanyaan LRT Jabodebek kapan beroperasi usai meninjau operasional LRT rute Jati Mulya Dukuh Atas. Ia menilai sudah banyak perubahan dan perbaikan dibanding ketika kunjungannya minggu lalu.

“InsyaAllah, kemungkinan 26 Agustus 2023” kata Jokowi hari Kamis (10/8).

Jokowi juga menyebut LRT Jabodebek butuh dorongan agar masyarakat bisa memakai transportasi umum dimana Jakarta saat ini menghadapi masalah polusi udara yang cukup berat karena banyaknya kendaraan pribadi, pabrik, dan unsur pembuat polusi lainnya.

Sebab itu Jokowi berharap adanya LRT Jabodebek bisa membantu mengurangi kemacetan dan pencemaran udara di Jakarta.

“Setiap hari kita ketemu macet, polusi. Jadi perpindahan dari mobil pribadi ke transportasi massal ini kita harapkan karena kerugian kita mencapai Rp 100 Triliun hanya dari kemacetan” pungkas Jokowi. 

Baca Juga : Respons Jokowi Usai LRT Jabodebek Disebut Salah Desain

Diketahui kemacetan lalu lintas membuat masyarakat lebih boros. Masyarakat menjadi lebih banyak mengeluarkan untuk membeli daya kendaraan seperti daya listrik maupun BBM. Masyarakat juga rugi dari sisi waktu.

Ditambah dengan dampak lain yang terjadi seperti masalah kesehatan akibat macet dan polusi. Jika dihitung, memang kerugian akibat macet dan polusi ini tidak sedikit.

LRT Jabodebek kapan beroperasi memang banyak dipertanyakan lantaran sempat mundur. Awalnya Direncanakan rilis untuk publik pada 12 Juli 2023 namun uji coba dihentikan pada 17-20 Juli 2023 karena ada sistem yang perlu diperbaiki dan disempurnakan.

Uji coba untuk masyarakat umum hingga saat ini belum terlaksana. Uji coba baru dilakukan oleh para pejabat beserta tamu undangan seperti selebriti dan tokoh terkenal, belum untuk masyarakat secara umum.

Kemenhub menyebut LRT Jabodebek bisa mengangkut hingga 700 penumpang dengan jumlah perjalanan 400 kali per harinya sehingga diharap bisa menarik minat masyarakat untuk beralih ke transportasi massal MRT Jakarta dan mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalanan Jakarta yang akan berdampak pada pengurangan kemacetan serta polusi.

LRT Jabodebek rencana rilis untuk umum pada 26 Agustus 2023, semoga semuanya berjalan lancar dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat ya!

Baca Juga : Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan, Kemenhub Buka Suara