Kasir Indomaret yang Fasih Bahasa Jepang Dapet Tiket Gratis Liburan!

Vania, kasir Indomaret yang menguasai bahasa Jepang hanya dengan menonton anime mendapat kesempatan perjalanan ke Jepang. Simak selengkapnya di sini!

Kasir Indomaret yang Fasih Bahasa Jepang Dapet Tiket Gratis Liburan!
Kasir Indomaret yang Fasih Bahasa Jepang Dapet Tiket Gratis Liburan!. Gambar : DetikJateng/Anang Firmansyah

BaperaNews - Video viral menampilkan keahlian berbahasa Jepang seorang kasir Indomaret bernama Vania Puspita Andriani (20). Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @kencampur, yang merupakan seorang Warga Negara Jepang (WN Jepang) yang sedang berkuliah di Universitas Indonesia.

Pemilik akun tersebut, yang terkejut menemui kasir yang mahir berbahasa Jepang di minimarket Jalan Overste Isdiman, Purwokerto. Ia membagikan pengalamannya dalam berkomunikasi dengan Vania.

Vania, warga Desa Purwosari, Kecamatan Baturraden, Banyumas, menceritakan bahwa kemampuannya dalam berbahasa Jepang tidak didapat melalui kursus formal. Ia mengaku hanya memperoleh kemampuan tersebut melalui hobi menonton anime selama dua tahun terakhir dan menggunakan bantuan Google Translate.

Video percakapan antara Vania dan pemilik akun tersebut menunjukkan keterampilan berbahasa Jepang yang baik, bahkan tanpa pernah mengikuti kursus resmi.

Menurut Vania, pelafalan bahasa Jepangnya sangat dipengaruhi oleh anime Kimetsu No Yaiba, yang dianggapnya memiliki pelafalan formal yang bagus dan cocok sebagai pembelajaran awal. Ia juga menyebut bahwa keinginannya untuk bekerja di Jepang sempat terkendala oleh persyaratan tertentu, seperti ketiadaan sertifikat.

Baca Juga: Viral Karyawan Indomaret Fasih Bicara Bahasa Jepang, Keseringan Nonton Anime

Vania menerima hadiah berupa tiket perjalanan ke Jepang dari pihak perusahaan tempatnya bekerja, Indomaret. Kejutan tersebut diberikan oleh Pak Hendro Susilo, selaku Regional Senior Manager, dan Pak Roy Budianto, selaku Branch Manager Indomaret. Roy Budianto berharap bahwa keberhasilan Vania sebagai karyawan dapat menjadi motivasi bagi seluruh karyawan lainnya.

Vania mengungkapkan bahwa kejutan tersebut diberikan dua hari sebelumnya. Rencananya, perjalanan ke Jepang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Januari dengan durasi lima hari. Selain Vania, empat orang lainnya dari Indomaret juga akan ikut dalam perjalanan tersebut.

Meskipun agenda perjalanan belum sepenuhnya terungkap, namun Vania menyebut bahwa mereka berencana mengunjungi Mr. Donat di Jepang, dengan semua biaya perjalanan ditanggung oleh perusahaan.

Selain berbahasa Jepang, Vania juga menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris yang fasih. Kemampuannya dalam bahasa Inggris didapat dari ayahnya yang memberikan pendidikan sejak kecil. Hal ini membuatnya bisa membantu turis asing yang membutuhkan bantuan translate.

Vania juga tidak ragu membagikan tips kepada orang-orang yang ingin belajar bahasa Jepang. Menurutnya, belajar bahasa Jepang bisa dimulai dengan menghafal beberapa kalimat yang sering digunakan dalam karakteristik tertentu, seperti kalimat Baka atau kalimat sederhana seperti Watashi dan Boku yang memiliki perbedaan penggunaan untuk pria dan wanita.

Baca Juga: Mau Buka Indomaret? Catat Dulu Nih Biaya yang Dikeluarkan