Mau Buka Indomaret? Catat Dulu Nih Biaya yang Dikeluarkan

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuka gerai Indomaret? Simak informasi lengkap tentang bisnis franchise Indomaret dibawah ini.

Mau Buka Indomaret? Catat Dulu Nih Biaya yang Dikeluarkan
Biaya Untuk Buka Indomaret. Gambar : Unsplash.com/Dok. Ery Prihananto

BaperaNews - Di Indonesia, bisnis yang menggunakan sistem waralaba atau yang populer disebut sebagai bisnis franchise memang sudah populer sejak lama. Salah satu contoh yang bisa ditemukan di sekitar kita adalah franchise Indomaret.

Franchise Indomaret sendiri dalam menjalankan bisnisnya dibentuk dari jaringan minimarket dimana menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari layaknya warung kelontong, tetapi jauh lebih lengkap.

Indomaret menjadi bagian dari perusahaan milik Salim Group yang sudah menjalankan bisnis dengan sistem franchise sejak tahun 1997 lalu bertepatan dengan krisis moneter.

Lantas, berapa biaya untuk buka gerai Indomaret?

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh website resmi Indomaret, berikut terdapat beberapa hal mulai dari rincian biaya, proses kerjasama dan syarat yang dibutuhkan untuk buka gerai Indomaret.

Baca Juga : Lebih Kaya Bos Indomaret Atau Bos Alfamart? Ini Penjelasannya!

Rincian Estimasi Biaya untuk Buka Gerai Indomaret

  • Franchise fee untuk jangka waktu 5 tahun mencapai Rp 36 juta.
  • Berbagai kebutuhan promosi hingga proses persiapan untuk melakukan pembukaan toko sebesar Rp 9,5 juta.
  • Kebutuhan renovasi dan tambah daya listrik mencapai Rp 221,5 juta (perbedaan biaya sangat mungkin terjadi jika kondisi bangunan bukan ruko)
  • Berbagai peralatan pendukung baik elektronik dan non elektronik sebesar Rp 227 juta.
  • Total estimasi biaya secara keseluruhan kurang lebih Rp 494 juta.

Daftar Syarat yang Harus Disediakan Sebelum Buka Gerai Indomaret

  • Wajib WNI.
  • Menyiapkan lokasi untuk menjalankan bisnis waralaba di tempat strategis dan memiliki nilai komersial dengan ukuran luas mulai 120 hingga 200 meter persegi.
  • Sudah mempunyai dokumen perizinan usaha seperti IMB/PBG, PKP. NPWP, izin dari lingkungan sekitar, STPW, NIB, domisili dan sebagainya yang berhubungan dengan perizinan.
  • Sudah menyiapkan sejumlah dana yang dibutuhkan untuk melakukan investasi.
  • Harus berjiwa pengusaha dan semangat untuk bisa fokus menjalankan bisnis Indomaret tersebut.

Proses Kerjasama untuk Buka Gerai Indomaret

  • Proses presentasi pertama sebaiknya sudah disertai dengan kesiapan matang seperti menyiapkan berbagai fotokopi dokumen perizinan agar bisa segera diproses. Pada presentasi ini, nantinya Anda akan diberikan penjelasan tentang detail dari mekanisme kerjasama, keuntungan per bulan yang didapatkan, nominal investasi yang harus disiapkan dan sistem operasional toko secara keseluruhan.
  • Proses presentasi kedua akan dijelaskan secara detail mengenai hasil dari survey yang telah dilakukan untuk menentukan tingkat kelayakan dan rencana anggaran belanjanya.
  • Proses terakhir adalah pembukaan toko. Nantinya akan ada surat perjanjian kerjasama selama kurun waktu 5 tahun. Nantinya setelah masa berlaku habis, Anda bisa memperpanjangnya kembali.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, akurat dan jelas tentang bisnis franchise Indomaret, Anda bisa langsung membuka situs website resmi dari Indomaret di indomaret.co.id atau Klik Disini.

Baca Juga : Tajir Melintir! Segini Harta Kekayaan Pemilik Mall Mewah Jakarta