Gratis! Bawa Rangka eSAF Bermasalah ke Bengkel Resmi

PT Astra Honda Motor akan membuka pusat pengaduan khusus untuk para costumer yang memiliki keluhan. Simak selengkapnya!

Gratis! Bawa Rangka eSAF Bermasalah ke Bengkel Resmi
Gratis! Bawa Rangka eSAF Bermasalah ke Bengkel Resmi. Gambar : DAM

BaperaNews - Sejumlah pemilik motor Honda belakangan ini melaporkan adanya masalah pada rangka eSAF, desain struktur bagian depan motor yang terhubung dengan duduk pengendara. Terkait hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta PT Astra Honda Motor (AHM) untuk segera membuka pusat pengaduan guna menampung keluhan dari konsumen.

PT Astra Honda Motor (AHM) menanggapi permasalahan rangka eSAF pada sepeda motor Honda yang keropos atau patah dengan membuka pusat pengaduan bagi konsumen. Masalah ini tentunya mempengaruhi keamanan serta kenyamanan bagi para pengguna motor Honda. Untuk mengatasi hal ini, AHM telah menyediakan jalur khusus bagi konsumen yang ingin menyampaikan keluhan mereka. Baik itu melalui telepon di 1-500-989, email ke [email protected], atau via SMS di 0811-9-500-989.

Keputusan ini diambil setelah pertemuan antara Kemenhub, KNKT, dan PT AHM untuk menelusuri permasalahan rangka eSAF yang menjadi viral. Kemenhub dan KNKT juga akan melakukan investigasi lebih lanjut dan meningkatkan pelatihan teknisi AHASS untuk menangani masalah ini. Kerusakan yang dilaporkan meliputi keropos atau patahan pada rangka eSAF.

Dalam responsnya, PT AHM berkomitmen penuh untuk menangani permasalahan ini dengan serius. Konsumen yang mengalami masalah pada rangka eSAF-nya diimbau untuk segera menghubungi dealer Honda terdekat.

Baca Juga : Jabodetabek Diguyur Hujan, Hasil Modifikasi Cuaca BMKG Atasi Polusi Belum Maksimal

Selain itu, bagi konsumen yang membutuhkan perbaikan atau perawatan khusus terkait masalah rangka eSAF ini, PT Astra Honda Motor menjamin layanannya secara gratis. Namun, tentunya layanan tersebut akan disesuaikan berdasarkan hasil pemeriksaan dari teknisi dealer Honda.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Danto Restyawan, dalam keterangan tertulisnya pada Senin (28/8/2023) menekankan, “Di samping menyediakan pusat pengaduan, PT Astra Honda Motor juga akan melakukan perbaikan dan perawatan sesuai dengan kondisi yang diperlukan melalui bengkel resmi AHM terdekat untuk memastikan kendaraan yang digunakan aman dan selamat.”

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan, menambahkan bahwa tidak semua keluhan mengenai rangka eSAF akan diatasi dengan penggantian rangka. "Jadi, harus diperiksa dulu dan sebagainya. Makanya tadi saya sampaikan akan mendapatkan pemeliharaan dan perawatan sebagaimana kondisi yang dibutuhkan," ujar Wildan.

Kebijakan ini diambil sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang dilakukan antara Kemenhub, KNKT, dan PT AHM pada Senin (28/8/2023). Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk menelusuri akar permasalahan serta meminta penjelasan dari PT AHM mengenai beredarnya foto dan video rangka eSAF yang keropos dan berkarat di media sosial.

Dengan adanya langkah ini, diharapkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk motor Honda dapat kembali terjaga. Bagi Anda pemilik motor Honda yang merasa memiliki masalah pada rangka eSAF, segera hubungi dealer Honda terdekat untuk mendapatkan layanan dan solusi terbaik.

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp, Bisa Buat Grup Tanpa Nama