Usai Diultimatum Mahfud MD, Siaran TV Analog MNC Group Dan Viva Group Langsung Hilang

Siaran televisi milik MNC Group dan Viva Group telah menghilang dari saluran TV analog di Jabodetabek usai mendapatkan ultimatum dari Mahfud MD.

Usai Diultimatum Mahfud MD, Siaran TV Analog MNC Group Dan Viva Group Langsung Hilang
Mahfud MD ultimatum siaran TV milik MNC Group dan Viva Group telah hilang dari saluran TV analog. Gambar : ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

BaperaNews - Setelah mendapatkan ultimatum dari Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, akhirnya siaran televisi MNC Group dan Viva Group dilaporkan telah menghilang dari saluran TV analog di Jabodetabek.

Mengutip dari CNNIndonesia.com dari Jakarta pada Jumat (04/11) pukul 06.28 WIB, siaran TV analog MNC Group, baik itu MNC TV, RCTI, Global TV, dan Inews TV sudah tidak ditemukan, begitu juga dengan ANTV dan TvOne dari Viva Group.

Akan tetapi, output suara masih dapat terdengar dari salah satu channel TV, walaupun tidak diketahui dari channel mana suara tersebut berasal. Hal tersebut dikarenakan gambaran dari siaran TV itu telah buram seutuhnya.

Kejadian serupa juga ditemukan oleh Suriyanto (35 tahun) yang merupakan seorang karyawan swasta yang tinggal di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Suriyanto masih dapat menemukan 2 siaran TV analog yang salah satunya adalah RCTI, akan tetapi kualitasnya sangat buruk. Suriyanto menyampaikan bahwa siaran tersebut sudah sangat buruk dan tidak layak untuk ditonton.

Sebagai informasi, beberapa stasiun televisi milik kedua grup tersebut sempat tidak manut tenggat Analog Switch Off (ASO) yang dilakukan pada 2 November. Mahfud MD selaku Menko Polhukam menegaskan bahwa pemerintah mencabut Izin Stasiun Radio (ISR) stasiun TV yang 'Membandel' itu pada Selasa (02/11) kemarin.

Mahfud MD pun melanjutkan jika saat ini stasiun TV tersebut masih melakukan siaran-siaran melalui analog maka hal tersebut dapat dianggap sebagai hal ilegal dan bertentangan dengan hukum yang berlaku.

Baca Juga : Begini Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis Dari Pemerintah!

Tidak lama berselang, MNC Group dan Viva Group menyatakan bahwa mereka telah mematikan siaran TV analog mereka di kawasan Jabodetabek pada Kamis (03/11) pukul 00.00 WIB.

Di sisi lain, Viva Group akhirnya buka suara terkait alasan mereka tidak menghentikan siaran TV Analog pada 2 November secara serentak. Viva Group menyebut bahwa tingkat penetrasi masyarakat di wilayah layanan Jabodetabek terhadap akses siaran digital masih sangat minim.

Kemudian Viva Group juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jabodetabek yang terus setia mengikuti program-program kesayangannya di layar kaca ANTV dan TvOne.

Hal serupa juga dilakukan oleh stasiun TV yang berada di bawah naungan MNC Group, yaitu MNC TV, RCTI, GTV, dan INews yang memilih untuk mematikan siaran TV analog mereka di wilayah Jabodetabek.

Manajemen MNC Group menjelaskan bahwa dengan mengingat adanya permintaan dari Bapak Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, yang meminta untuk dilakukan Analog Switch Off yang seharusnya berlaku nasional, namun kenyataannya hanya terbatas di wilayah Jabodetabek, maka pihaknya melaksanakan permintaan tersebut pada Kamis (03/11) pukul 00.00 WIB.

Baca Juga : Kominfo Ungkap Alasan Penting Mengapa Siaran TV Analog Harus Beralih Ke TV Digital!