Goyangkan Kaki Saat Duduk Ternyata Miliki Banyak Manfaat

Ternyata, ada manfaat mengenai kebiasaan menggoyangkan kaki saat duduk. Baca selengkapnya di sini!

Goyangkan Kaki Saat Duduk Ternyata Miliki Banyak Manfaat
Goyangkan Kaki Saat Duduk Ternyata Miliki Banyak Manfaat. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Kebanyakan dari kita mungkin merasa kesal melihat orang lain yang duduknya tak bisa tenang, kaki selalu digoyang-goyang seolah tak sabaran.

Tapi siapa sangka, goyang-goyangkan kaki saat duduk ternyata memiliki manfaat. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kebiasaan ini dapat melindungi arteri di kaki dan mencegah perkembangan penyakit arteri.

Pada tahun 2016, para peneliti dari University of Missouri menemukan bahwa menggoyangkan kaki atau fidgeting saat duduk dapat meningkatkan aliran darah ke arteri di kaki. Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal American Journal of Physiology Heart and Circulatory Physiology.

Kepala penelitian, Jaume Padilla, asisten profesor nutrisi dan fisiologi olahraga di University of Missouri, mengungkapkan bahwa penelitian awalnya bertujuan untuk mengetahui apakah menggoyangkan kaki dapat melawan penurunan fungsi pembuluh darah kaki yang disebabkan oleh duduk terlalu lama.

Penelitian tersebut melibatkan 11 pria dan wanita muda yang sehat, diminta untuk duduk selama tiga jam. Selama duduk, peserta diminta untuk menggoyangkan satu kaki secara bergantian, dengan kaki lainnya tidak bergerak.

Baca Juga: Viral Emak-emak Ribut di KRL Gegara Lihat Penumpang Silangkan Kaki

Hasilnya menunjukkan bahwa kaki yang digoyangkan mengalami peningkatan aliran darah, sementara kaki yang tidak bergerak mengalami penurunan aliran darah.

Penelitian ini menunjukkan bahwa goyangan kaki dapat meningkatkan aliran darah dan gesekan aliran darah di dinding arteri, yang pada gilirannya dapat melindungi kesehatan pembuluh darah.

Meskipun penelitian hanya mencakup pergerakan satu kaki, para peneliti merekomendasikan menggoyangkan kedua kaki untuk memaksimalkan manfaat kesehatan kaki.

Meskipun demikian, Padilla memberi peringatan bahwa menggoyangkan kaki tidak dapat sepenuhnya menggantikan kebutuhan untuk berdiri atau berjalan.

"Anda harus berusaha membagi waktu duduk dengan berdiri atau berjalan sebanyak mungkin," ujarnya.

Meskipun begitu, jika dua kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan, menggoyangkan kaki bisa menjadi alternatif yang baik.

Tidak hanya bermanfaat untuk aliran darah, goyangan kaki juga terbukti dapat membantu membakar kalori. Ini membuat kebiasaan sederhana ini menjadi pilihan menarik bagi mereka yang sering duduk dalam waktu yang lama.

Bagi yang ingin mencoba menggoyangkan kaki saat duduk, Padilla menyarankan untuk melakukannya secara bergantian.

Selama satu menit, goyangkan satu kaki, kemudian istirahatkan selama empat menit. Lakukan hal yang sama untuk kaki yang satunya. Hal ini dapat membantu menjaga aliran darah ke kaki dan memberikan manfaat kesehatan yang diinginkan.

Namun, Padilla juga menekankan bahwa meskipun goyangan kaki bisa memberikan manfaat, penting untuk tidak menggantikan aktivitas fisik yang lebih intens seperti berjalan atau olahraga.

"Gunakan goyangan kaki sebagai alternatif bermanfaat, bukan sebagai pengganti aktivitas fisik yang lebih menyeluruh," katanya.

Baca Juga: Viral! Kaki Pria Diamputasi Gegara Teh Tarik