Eks PM Pakistan Imran Khan Kena Tembakan Saat Demo Anti Pemerintah

Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan terkena tembakan ketika mengikuti demo anti pemerintah di Wazirabad pada Kamis (3/11).

Eks PM Pakistan Imran Khan Kena Tembakan Saat Demo Anti Pemerintah
Eks PM Pakistan Imran Khan kena tembakan saat demo anti pemerintah. Gambar : REUTERS/Saiyna Bashir

BaperaNews - Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan ditembak pria tidak dikenal ketika ikut demo anti pemerintah di Wazirabad, 200 km dari ibu kota Islamabad pada Kamis (3/11). Khan memimpin demo anti pemerintah tersebut untuk menuntut Pemilihan Umum dilakukan lebih awal.

Mobil rombongan Eks PM Pakistan tersebut awalnya tiba di lokasi, namun kemudian diserang para demonstran lainnya, sejumlah orang yang berada bersama rombongan Khan juga terluka akibat insiden tersebut.

Imran Khan ditembak, untungnya tembakan mengenai kaki. Khan langsung dibawa keluar dari lokasi demo untuk mendapatkan pertolongan medis di Lahore. Pendukung Khan yakin tembakan yang diberikan ialah upaya pembunuhan.

“Kami yakin, ini jelas upaya pembunuhan. Imran Khan tertembak tapi dia masih dalam kondisi stabil, ada banyak perdarahan. Jika penembak tidak dihentikan, mungkin seluruh pimpinan PTI bisa mati” ujar Jubir partai Khan Tehreek Insaf (PTI), Fawad Chaudhry.

Saksi mata melihat pelaku melepas sejumlah tembakan tepat ke arah mobil yang dinaiki Imran Khan, satu orang rombongan Khan dilaporkan tewas akibat tembakan.

“Saya mendengar semburan tembakan peluru, setelah itu saya melihat Imran Khan dan ajudannya jatuh di atas mobil konvoi” ujar seorang saksi bernama Qazzafi.

Baca Juga : Fakta Tentang Rishi Sunak Usai Jadi PM Inggris: PM Termuda Hingga Crazy Rich

“Kemudian seorang pria dengan senjata melepas tembakan lagi, tapi berhasil ditangkap oleh rombongan Khan” imbuhnya.

Dalam sejumlah siaran video di media lokal, Nampak pelaku penembakan berhasil ditangkap, ia membawa pistol, ditangkap di tengah kerumunan orang yang berdemo, ia sempat emncoba melarikan diri namun gagal.

Pria tersebut berusia 20 – 30 tahun, ia disebut ingin berusaha membunuh Imran Khan sendirian. Pelaku sudah ditahan kepolisian setempat, pistol yang dibawa juga telah disita beserta dua selongsong peluru.

“Imran Khan menyesatkan banyak orang dan saya tidak tahan” ujar pelaku ketika ditanya motifnya menembak Khan.

Pelaku berusaha mencari celah membunuh Khan ketika Khan berada di tempat publik, diduga ia golongan anti Imran Khan dan tidak menjadi pendukung partai PTI. Pandangan politik pelaku membuatnya nekat melakukan tindakan kriminal.

Polisi Pakistan belum mengungkap identitas pelaku, kasus masih dalam penyelidikan. Eks PM Pakistan tersebut juga masih menjalani perawatan di rumah sakit, keamanan kepada Eks PM Pakistran tersebut akan diperketat untuk mencegah insiden serupa terjadi.

Baca Juga : 7 Fakta Penembakan Shinzo Abe Sampai Meninggal Dunia