CDC Keluarkan Aturan Baru Soal Pemakaian Masker Untuk Cegah Virus Covid-19 Varian Omicron

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit  (CDC) Amerika Serikat memberikan aturan baru soal pemakain masker yang harus digunakan untuk mencegah virus covid-19 jenis Omicron.

CDC Keluarkan Aturan Baru Soal Pemakaian Masker Untuk Cegah Virus Covid-19 Varian Omicron
Masker N95. Gambar : Freepik.com/ Dok. Pikisuperstar

BaperaNews - Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) Amerika Serikat memberi informasi baru tentang cara pakai masker yang benar untuk mencegah omicron. CDC meminta setiap orang untuk memakai masker dengan tingkat perlindungan dan system respirator yang baik untuk mencegah omicron dan masker ini harus dipakai secara konsisten.

Masker yang dimaksud oleh CDC ialah masker yang baik untuk sistem pernafasan, artinya, tidak terasa sesak atau pengap ketika dipakai, pemakai masih bisa bernafas dengan nyaman namun tetap terlindungi dari virus Covid-19 jenis omicron.

“Beberapa merk masker menawarkan system respirator yang lebih baik dan mampu memberikan perlindungan lebih baik, lebih tinggi dari yang lain, dan beberapa merk lain mungkin lebih sulit untuk dipakai secara konsisten yakni yang terasa pengap atau sesak ketika dipakai” kata CDC dalam pernyataan tertulisnya Sabtu 15 Januari 2022.

Masker N95 adalah masker dengan perlindungan terbaik, di bawahnya ada masker bedah, dan masker kain memiliki tingkat perlindungan paling rendah.

“Masker kain ini tingkat perlindungannya paling sedikit, masker bedah dan N95 lebih pas dan banyak menawarkan perlindungan, juga memberi system respirator terbaik, cocok untuk memberi keselamatan tertinggi” lanjut CDC dalam keterangannya.

Baca Juga: Gencarkan Vaksinasi Anak, Kapolsek Matraman Beri Imbalan Uang Tunai

Jika memakai masker kain, CDC menganjurkan agar dirangkap dengan masker berfilter di atasnya. Lipat dan selipkan masker berfilter sekali pakai di bagian bawah tepinya, pakai masker yang menempel di belakang kepala serta leher dengan karet, bukan yang loop telinga.

“Memang sulit untuk mendapatkan masker dengan respirator yang baik, setidaknya tetap pakai masker saat keluar rumah daripada tidak sama sekali, penting untuk diingatkan, pakai masker lebih baik, jauh lebih baik lagi pakai masker dengan respirator yang baik untuk kenyamanan dan kesehatan Anda” kata CDC.

Kementerian Kesehatan sendiri menanggapi hal ini dengan menyarankan masyarakat memakai masker yang sudah ada izin alat edarnya dari Kemenkes, izin tersebut bisa dicek di infoalkes.kemkes.go.id dimana produk yang sudah mendapat izin sudah diawasi mutunya dan dilakukan pengujian kemampuannya dalam menangkal virus Covid-19 varian omicron dan lainnya. Sehingga bisa dengan maksimal dalam memberikan perlindungan, terlebih lagi bagi mereka yang sehari – hari memiliki tingkat mobilitas yang tinggi.

Baca Juga : Omicron Terus Mengalami Lonjakan, Kemenkes: Isolasi Mandiri Akan Diberlakukan