Mengenal Lebih Jauh Tentang Organisasi Bapera (Barisan Pemuda Nusantara)

Mengenal lebih jauh tentang organisasi masyarakat Barisan Pemuda Nusantara atau yang biasa dikenal dengan sebutan Bapera. Simak selengkapnya!

Mengenal Lebih Jauh Tentang Organisasi Bapera (Barisan Pemuda Nusantara)
Proses pelantikan pengurus dan anggota daerah organisasi Bapera yang dilantik langsung oleh Ketua Umum Fahd Arafiq. Gambar : bapera.or.id

BaperaNews - Barisan Pemuda Nusantara atau biasa dikenal dengan sebutan Bapera, merupakan salah satu organisasi masyarakat yang berorientasi pada perjuangan serta pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, sebagai organisasi masyarakat Bapera bersifat terbuka, Independen dan mandiri serta tidak terikat dengan partai politik manapun. Meski dapat dikatakan sebagai Ormas baru, Bapera telah terlibat dalam berbagai kegiatan sosial serta politik yang tersebar luas di berbagai Daerah.

Dengan berasaskan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bapera resmi berdiri sejak 19 Mei 2016 di Jakarta. Organisasi Masyarakat ini sendiri didirikan oleh Fahd El Fouz Arafiq (Fahd Arafiq) dengan harapan Bapera akan menjadi ormas yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

Saat ini Bapera sendiri dipimpin oleh Ketua Umum Fahd El Fouz Arafiq, S.E., M.M, atau biasa dikenal dengan Fahd Arafiq, lalu dengan Ketua Dewan Pertimbangan Ir. H. Airlangga Hartarto, MBA., MMT yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Perekonomian, dengan Dr. Ir. Sufmi Dasco Ahmad, SH.MH sebagai Wakil Ketua serta Ir. Hasto Kristiyanto, MM sebagai Sekretaris.

Drs. H. Mustafa M. Radja sebagai Sekretaris Jenderal serta Bendahara umum Syamsurachman, S.T., M.S.M.

Dibentuknya Bapera ini tentu bukan tanpa tujuan, Organisasi masyarakat yang didirikan pada 2016 silam ini bertujuan untuk membentuk dan mewujudkan generasi muda Indonesia yang memiliki jiwa profesional, beriman serta berilmu dan memiliki semangat juang serta kebangsaan untuk mencapai Indonesia yang lebih maju serta Unggul. 

Selain itu Bapera Juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi muda untuk memiliki jiwa patriotisme serta peduli terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Tujuan yang terpenting tentunya untuk menciptakan Indonesia yang lebih demokratis dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sebagai organisasi masyarakat yang bersifat terbuka, independen dan mandiri, Bapera memiliki visi misi. Visi Bapera sendiri adalah membangun serta menciptakan kualitas pemuda Indonesia yang berkarakter Pancasila dan dapat menguatkan jati diri NKRI sekaligus mewujudkan cita-cita Proklamasi 1945. 

Selain Visi, Bapera tentu memiliki misi untuk mewujudkan Visi itu sendiri dimana terwujudnya serta terciptanya pemuda-pemuda Indonesia dengan karakter kebangsaan yang kuat dan memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat sekitar serta untuk kemajuan Indonesia. Melakukan penguatan institusi organisasi kepemudaan yang mengedepankan kebersamaan dan solidaritas sosial serta  Merancang , mengelola , dan mengembangkan potensi kepemimpinan pemuda dan kewirausahaan (entrepreneurship).

Hingga saat ini Bapera tepat memiliki 1 Juta anggota terhitung pada Sabtu, 5 Maret 2022 yang merupakan warga negara Indonesia dan tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Selain itu jumlah provinsi yang sudah bergabung bersama Bapera yaitu 34 Provinsi. 

Baca Juga : Fahd A Rafiq : Alhamdulillah, BAPERA Tembus 1 Juta KTA

Saat ini Barisan Pemuda Nusantara memiliki website organisasi resmi yakni bapera.or.id, selain itu Bapera juga memiliki website media berita nasional resmi yakni baperanews.com.

Media berita Bapera News merupakan satu-satunya media berita nasional yang memiliki anggota organisasi dengan tanpa kepentingan politik, hal ini ditegaskan dengan slogan media Bapera News yakni "Imbang Dalam Mengabarkan" dan mengedepankan 4 Pilar utama sebagai Media Informasi, Media Pendidikan, Media Hiburan dan juga Media Kontrol Sosial. Selain itu Bapera News memiliki tujuan utama untuk mensupport secara keseluruhan organisasi Bapera.

Bapera News menjadi gambaran langsung bagaimana pandangan masyarakat terhadap organisasi Barisan Pemuda Nusantara (Bapera), hal itulah yang membuat media ini berdiri dengan Independensi tanpa kepentingan apapun.

Beberapa Syarat Menjadi Anggota Bapera :

Secara umum masyarakat Indonesia dapat bergabung dengan Bapera, berikut syarat-syarat yang perlu diperhatikan saat ingin bergabung dengan Bapera:

- Sudah berumur 16 tahun
- Menyetujui anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta aturan yang berlaku dalam organisasi.
- Menyatakan diri untuk menjadi anggota Bapera dengan mengisi formulir permohonan jadi anggota melalui perangkat organisasi terdekat.
- Dapat berperan aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi.
- Ditetapkan dan disahkan oleh Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten atau Kota.

Bagi anda yang ingin bergabung, bisa langsung mendaftarkan diri lewat Aplikasi Bapera yang dapat di unduh di Android, anda juga bisa langsung datang ke kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di wilayah anda. Kami sarankan anda telah mendaftarkan diri lewat aplikasi Bapera sebelum mendatangi Kantor Sekretariat DPD untuk membantu mempercepat proses pendaftaran.

Tampilan Aplikasi Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) yang dapat di unduh di android lewat Google Play Store

Tampilan aplikasi Bapera yang dapat di unduh di android lewat Google Play Store