Beragam Peristiwa Kocak Hewan Kurban, Sapi Masuk Hajatan Hingga Tercebur Di Got

Banyak hal yang menarik perhatian pada Qurban tahun ini, salah satunya beragam peristiwa kocak terjadi pada hewan qurban Idul Adha 2022. Simak peristiwa kocaknya!

Beragam Peristiwa Kocak Hewan Kurban, Sapi Masuk Hajatan Hingga Tercebur Di Got
Peristiwa kocak hewan kurban, Sapi masuk ke hajatan hingga tercebur got. Gambar : news.detik.com

BaperaNews - Beragam peristiwa kocak terjadi pada hari raya Idul Adha 1443 H (2022 M) atau menjelang Idul Adha 2022, peristiwa yang paling banyak menarik perhatian ialah ketika penyembelihan hewan kurban.

Hewan kurban melakukan sejumlah aksi mengagetkan diduga karena sudah merasa akan dikurbankan, takut disembelih, stres, atau merasa takut karena dikelilingi orang asing. 

Berikut Peristiwa Kocak Dari Aksi Hewan Kurban Sapi :

1. Sapi Masuk Toko Buku

Salah satu moment viral terjadi di Kediri, Jawa Timur. Seekor sapi mengamuk dan masuk ke sebuah toko di Kelurahan Burengan, Kediri pada hari Sabtu malam (9/7). Sapi jantan tersebut awalnya memberontak dan menolak untuk dipegangi, ketika diturunkan dari mobil pick-up. Kemudian, hewan kurban sapi tersebut dengan cepat kabur dan masuk ke toko buku.

Menurut Lurah Burengan, Adi Sutrisno, sapi lepas kendali ketika diturunkan dari mobil pick-up. “Takmir masjid dan pemilik toko sudah saling koordinasi” ujarnya hari Minggu (10/7). Sapi yang lepas tersebut direncanakan untuk disembelih di Masjid Al-Hikmah Burengan.

Ketika kejadian tersebut, sejumlah pengunjung belanja di toko ketakutan dan lari keluar, sedangkan sapi berkeliling di area toko. Lampu di toko pun dimatikan agar sapi tidak makin mengamuk, sapi segera dibawa petugas dan beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden sapi kabur ke toko buku tersebut.

2. Sapi Masuk Hajatan Warga

Seorang warga di Kalideres, Jakarta Barat mengadakan hajatan bertepatan dengan Idul Adha yakni Minggu (10/7). Namun lokasi hajatan porak poranda akibat ada seekor sapi yang akan disembelih di dekat lokasi hajatan kabur dan masuk lokasi hajatan. Hampir semua properti pernikahan rusak, termasuk kursi tamu.

Baca Juga : Tips Rebus Daging Iga Sapi Yang Empuk Untuk Membuat Sup Iga

Kejadian ini direkam oleh seorang warga dan viral, Nampak sapi warna coklat mengacak-acak bangku hajatan, melompat ke tenda dan berlarian. Petugas Pemadam Kebakaran kemudian datang dan membantu menangkap hewan kurban sapi yang masuk ke hajatan warga.

3. Sapi Tercebur Got

Sementara hewan kurban sapi ngamuk juga terjadi di Kelurahan Koja, Jakarta Utara pada Jumat malam (8/7), sapi ngamuk, lari, dan jatuh tercebur ke got. Sapi yang ingin di kurbankan pun kemudian ditolong oleh Tim Pemadam Kebakaran Koja, sapi ternyata lari ketika baru diturunkan dari mobil hingga terjebak di selokan.

“Ya memang ini evakuasi karena sapi kan besar, menyulitkan, ada laporan sapi milik warga akan diantar, ternyata lari dan tercebur got” ujar Kepala Pemadam Kebakaran Koja, Mantep Fauzi.

Got yang sempit dan tubuh sapi yang besar membuat evakuasi sulit, evakuasi berhasil setelah petugas berusaha mengangkat sapi selama 4 jam. Hewan kurban atau Sapi tersebut diketahui mempunyai berat 1 ton tersebut diangkat dengan alat katrol. 

4. Sapi Mengamuk Di Perkebunan Warga

Kejadian sapi mengamuk dan menyasar warga di sebuah perkebunan juga terjadi di Ciamis, Jawa Barat pada hari Minggu (10/7). Hal ini terekam dalam video amatir, sapi warna coklat lari dan menyeruduk orang-orang di sekitarnya. Warga pun panik dan menghindar, beruntungnya, sapi bisa ditangkap bersama-sama oleh warga dan tidak ada korban jiwa.