Tips Rebus Daging Iga Sapi Yang Empuk Untuk Membuat Sup Iga

Berikut ini tips merebus daging iga sapi yang mudah dan cepat empuk untuk membuat sup iga yang lezat dan nikmat.

Tips Rebus Daging Iga Sapi Yang Empuk Untuk Membuat Sup Iga
Berikut ini tips merebus daging iga sapi yang mudah dan cepat empuk untuk membuat sup iga yang lezat dan nikmat. Gambar : Resepistimewa.com

BaperaNews - Menjelang Hari Raya Idul Adha yang identik dengan pemotongan hewan qurban membuat sebagaian besar masyarakat akan dimanjakan dengan hidangan olahan daging baik daging kambing maupun daging sapi.

Salah satu makanan olahan daging yang menjadi favorit masyarakat ialah Sup Iga. Hidangan berkuah dengan rasa gurih ini menjadi salah satu makanan yang mudah untuk dibuat. Namun, tak jarang daging iga sapi dalam sup iga menjadi alot, karena salah dalam proses membuatnya.

Oleh karena itu, Tim Baperanews.com, akan memberikan tips agar daging iga sapi di dalam sup iga tidak keras ataupun alot, dan juga supaya sup iga bisa dinikmati dengan lezat. 

Berikut terdapat beberapa tips agar daging iga sapi empuk saat diolah menjadi sup:

  1. Rebus dengan jeda

Rebus daging iga sapi dengan jeda menjadi salah satu tips yang ampuh untuk membuat daging iga sapi dalam sup iga menjadi empuk. Selain itu, teknik ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Pertama, kalian harus merebus air di dalam panci hingga benar-benar mendidih dengan api besar. Lalu masukkan daging iga sapi, kemudian tutup dan masak selama lima menit.

Baca Juga : Menjelang Idul Adha, Berikut 7 Tips Merebus Daging Agar Cepat Empuk

Setelah itu, matikan kompor dan diamkan daging iga sapi di dalam panci selama 30 menit. Setelah itu, rebus kembali daging iga sapi dengan api besar selama 7 menit. Setelah selesai, buang kotoran dari dalam panci. Dan daging iga sapi pun siap untuk diolah.

  1. Direbus dua kali

Tips selanjutnya ialah merebus dua kali daging iga sapi. Yang perlu kalian siapakan pertama ialah isi panci yang berisi daging iga sapi dengan air hingga iga terendam. Lalu rebus selama lima menit hingga airnya mendidih. Setelah itu buang air rebusan dan cuci daging iga sapi dengan air dingin.

Lalu siapakan proses perebusan kedua, yakni didihkan sekitar 1,5 liter air. Lalu masukan daging iga sapi yang sudah dicuci bersih dan kecilkan kompor. Rebus selama sekitar 1,5 jam dengan panci dalam keadaan tertutup. Setelah itu kita bisa memasukkan aneka bumbu untuk membuat sup iga.

  1. Direbus dengan panci presto

Tips terkahir ini menjadi tips yang paling mudah untuk dilakukan jika dirumah kalian terdapat panci presto. Dengan merebus daging iga sapi menggunakan panci presto, kalian hanya perlu menambahkan air rebusan jika air itu menyusut. Dengan menggunaka panci presto, kalian hanya perlu kurang lebih 45 menit untuk membuat iga sapi menjadi empuk.

Baca Juga : Selain Sate, Berikut Ide Masakan Dari Olahan Daging Idul Adha