Balapan Formula E Jakarta Resmi Digelar di Ancol

Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni mengatakan bahwa Balapan Formula E 2022 seri jakarta resmi digelar di Kawasan Ancol pada tahun depan. Berikut Informasi Lengkapnya !

Balapan Formula E Jakarta Resmi Digelar di Ancol
Formula E Jakarta 2022 dipastikan digelar di Ancol. Gambar : Dok. Fitradian Dimas Kurniawan/MPI

BaperaNews - Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni sudah memastikan lokasi ajang balap Formula E 2022 seri Jakarta. Sebelumnya lokasi balapan direncanakan akan berlangsung di kawasan Monumen Nasional (Monas). Namun, kini Ketua Pelaksana Formula E pun sudah memastikan perubahan lokasi tersebut.

Kabar kepastian terkait tempat penyelenggara balapan mobil listrik itu pun ternyata dipastikan akan digelar di Kawasan Ancol pada tahun depan.

"Tadi pagi diberikan approval sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta adalah di Ancol," kata Sahroni.

Sebelumnya, Formula E Jakarta sempat berencana untuk dilangsungkan di kawasan Monumen Nasional. Tetapi, rencana tersebut ditolak, karena berbagai macam alasan yang beredar.

Selain Monas, sudah ada beberapa lokasi yang rencananya akan menjadi lokasi sirkuit balapan Formula E, diantaranya yakni Senayan dan Kawasan di Jakarta Utara. Tempat-tempat tersebut dianggap cukup mumpuni untuk menggelar Formula E Jakarta.

Namun Setelah melalui berbagai pertimbangan, pilihan pun jatuh di Ancol. Hal itu dipastikan langsung oleh Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Widi Amanasto dalam konferensi persnya.

Menurut Sahroni, keputusan penentuan lokasi ajang balap mobil listrik ini berdasarkan dengan kajian yang dilakukan oleh Formula E Operation (FEO), dan Federasi Otomotif Indonesia (FIA).

"Dari akhir dua lembaga tersebut barulah tadi pagi, diberikan persetujuan sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta, di Ancol," ucap Sahroni di Ancol, Rabu (22/12/2021).

"Ancol adalah tempat yang dinamis dan ikonik Jakarta, dan tidak mengganggu sarana prasarana yang lain," sambungnya.

Sebelumnya Jakarta sudah dipastikan jadi tuan rumah dalam salah satu seri balapan Formula E pada 2019 silam. Namun, karena pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia membuat penyelenggaran Formula E seri Jakarta di tahun 2020 dibatalkan.

Hingga pada Oktober 2021, Jakarta kembali ditetapkan sebagai tuan rumah salah satu seri Formula E 2022. Rencananya, FE Jakarta 2022 akan diadakan pada 4 Juni mendatang. Balapan ini pun rencananya akan menjadi seri kesembilan dari rangkaian FE 2021 – 2022, yang merupakan musim kedelapan.

Tentunya diharapkan semua proses hingga balapan berlangsung dapat berjalan lancar. Apalagi ini adalah ajang balap mobil listrik pertama yang digelar di Indonesia. Untuk pembukaan ajang balap Formula E sendiri akan diselenggarakan di Arab Saudi pada 28 Januari 2022.