Agar Bisa Main ke Disneyland, Kim Jong Un Gunakan Paspor Palsu

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un pernah memakai paspor palsu demi bisa berkunjung ke luar negeri bersama ayahnya, Kim Jong II dan saudaranya.

Agar Bisa Main ke Disneyland, Kim Jong Un Gunakan Paspor Palsu
Agar Bisa Main ke Disneyland, Kim Jong Un Gunakan Paspor Palsu. Gambar : Twitter.com/@historyinmemes

BaperaNewsPemimpin Korea Utara, Kim Jong Un pernah memakai paspor palsu demi bisa berkunjung ke luar negeri bersama ayahnya, Kim Jong II dan saudaranya.

Salah satu lokasi yang ia kunjungi  menggunakan paspor palsu Kim Jong Un ialah Tokyo Disneyland Jepang. Keduanya memakai paspor Brasil untuk mengajukan visa ke negara-negara barat pada tahun 1990an dan ke Tokyo Disneyland pada tahun 1991.

Meski mereka memakai nama palsu di paspor tersebut, mereka masih memakai foto asli. New York Post memberitakan, Kim Jong Un dan Kim Jong II memakai dokumen palsu untuk datang ke negara lain di tahun 1990an.

Kim Jong Un Pakai Paspor Brasil

“Mereka memakai paspor Brasil yang dengan jelas menunjukkan foto wajah mereka, mereka mencoba mendapat visa dari kedutaan asing” tutur seorang petugas keamanan senior.

Teknologi pengenalan wajah telah mengkonfirmasi kebenaran dari foto tersebut, meski demikian, kedua pemimpin Korea Utara itu tetap dengan sengaja menuliskan nama palsu dan data diri mencurigakan pada paspornya.

Diketahui Kim Jong Un pakai paspor palsu dengan memakai nama Josef Pawg, mengaku anak dari Ricardo dan Marcela Pawg serta mengaku lahir pada 1 Februari 1983. Sedangkan  ayahnya Kim Jong II memakai nama Ijong Tchol dengan tanggal lahir 4 April 1940 padahal ia sebenarnya lahir pada tahun 1941. 

Baca Juga : Respon Negatif Warga Korut Saat Pidato Adik Kim Jong Un

Keduanya sama-sama mengaku lahir di Sao Paulo, Brasil. Tiap paspor mereka juga punya stempel bertuliskan Kedutaan Besar Brasil di Praha dan diterbitkan pada 26 Februari 1996. Pihak keamanan Brasil belum memberi penjelasan bagaimana paspor palsu ini dibuat dan apa visa memang telah berhasil dikeluarkan.

Kedubes Korea Utara Enggan Berkomentar

Kedutaan Korea Utara di Brasil menolak untuk berkomentar, sedangkan Kementerian Luar Negeri negara Samba tersebut melakukan penyelidikan terkait paspor palsu Kim Jong Un.

Tahun 2011, surat kabar Yoimuri Shimbun Jepang melaporkan bahwa Kim Jong Un datang ke Tokyo Disneyland tahun 1991 dengan paspor Brasil bersama saudara Kim Jong Chul. Kakak beradik itu masuk Jepang pada 12 Mei 1991 dan mereka pergi lagi beberapa minggu setelahnya.

Visa Jepang mereka didapatkan di Wina, Austria. Kim Jong Un memakai nama palsu Joseph Pak, mereka ditemani hampir 10 orang dewasa di sepanjang perjalanan.

Media BBC menyebut tidak hanya mereka yang pakai paspor palsu untuk keluar negeri, namun juga kakak tiri mereka Kim Jong Nam sempat ditangkap di Bandara Narita Tokyo karena menyelinap ke Jepang dengan paspor palsu atas nama Pang Xiong di tahun 2001 dan mengaku ingin ke Disneyland.

Baca Juga : AS Tuding Rusia Dan China Beri Perlindungan Selimut Ke Korea Utara