Usai Makan Terlalu Banyak, 3 Olahraga Ini Aman Dilakukan

Usai makan yang terlalu banyak yang membuat perut terasa tidak enak, 3 olahraga ini aman dilakukan setalah makan banyak.

Usai Makan Terlalu Banyak, 3 Olahraga Ini Aman Dilakukan
ilustrasi olahraga yang bisa menjadi solusi saat makan terlalu banyak.

BaperaNews - Kebanyakan makan banyak menimbulkan efek samping seperti merasa ngantuk berlebihan, perut begah atau terasa tidak enak dan bahkan tubuh terasa lemas. Daripada harus memilih untuk selonjoran di sofa atau kasur, ada cara lain yang dianggap lebih sehat.

Melakukan olahraga sesaat setelah makan, mempunyai dampak baik bagi kesehatan tubuh kalian. Contohnya saja membantu proses pencernaan agar lebih lancar, memberikan energi bagi tubuh hingga membantu dalam proses sirkulasi darah.

Ahli nutrisi memberikan saran terbaik untuk mengatasi makan terlalu banyak dengan berolahraga seperti :

1.Melakukan Yoga

Melakukan olahraga berat setelah makan akan terasa sangat berat. Kalian bisa mencoba olahraga ringan seperti halnya melakukan Yoga. Yoga setelah makan banyak, efektif dalam membantu membuat tubuh kalian menjadi normal kembali karena adanya gerakan pada bagian perut. Setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk membuat tubuh menjadi normal.

Latihan pertama yang bisa kalian lakukan adalah duduk dengan menyilangkan kaki. Jika kalian punya bantal khusus untuk meditasi, gunakan bantal tersebut sebagai alasnya. Letakkan tangan kalian pada bagian lutut yang saat kaki dalam keadaan menyilang. Kemudian kalian bisa menarik perut, mengangkat dada, putar bagian bahu ke bawah dan ke belakang. Setidaknya, kalian bisa menahan dalam waktu kurang lebih 2 menit.

Latihan kedua adalah dengan melakukan pernafasan. Kalian bisa menutup hidung pada posisi duduk dengan kaki menyilang dan buka kembali untuk melatih pernafasan. Dalam waktu setidaknya 5 menit, kondisi tubuh kalian akan semakin membaik.

2.Berjalan Kaki

Berjalan kaki bisa menjadi salah satu solusi buat kalian yang merasa tak enak setelah makan terlalu banyak. Jarak berjalan kaki pun juga tak harus jauh, kalian bisa melakukannya keliling kompleks, memutari lapangan atau pun melakukan pekerjaan di rumah yang banyak berjalan kaki. Coba rasakan perbedaan setelah berjalan kaki, pasti perut kalian akan lebih baik.

3.Fokus Menggerakkan Bagian Inti Tubuh

Melakukan gerakan pada bagian inti tubuh seperti crunch atau pun plank mampu merangsang bagian pencernaan untuk bekerja secara optimal sehingga bisa membantu kinerja dari usus. Gerakan inti ini akan membantu kalian merasa enak saat makan malam terlalu banyak.