UI Terpilih Sebagai Universitas Terbaik di Indonesia menurut THE

Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia menurut THE Asia University Rankings 2023.

UI Terpilih Sebagai Universitas Terbaik di Indonesia menurut THE
UI Terpilih Sebagai Universitas Terbaik di Indonesia Menurut THE. Gambar : Instagram.com/@ui.info_

BaperaNews - Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat pertama universitas terbaik di Indonesia versi Timer Higher Education (THE). THE ialah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia.

THE mengumumkan UI sebagai universitas terbaik di antara 18 universitas terkemuka Indonesia lainnya yang mengikuti THE Asia University Rankings 2023.

UI juga masuk nominasi THE Asia Award 2023 kategori Workplace of the Year. UI berada di jajaran 251-300 Universitas terbaik dari 699 universitas di 31 kawasan Asia.

Selain itu, UI, University of Singapore dan Nanyang Technological University masuk 25 besar THE World University Rankings namun tetap disesuaikan mencerminkan atribut institusi Asia.

Ada 5 indikator dalam pemeringkatan ini yaitu Teaching, Research, Citations, Industry Income, dan International Outlook. Jika dibandingkan tahun 2022 lalu, UI naik secara keseluruhan di semua indikatornya, UI ditetapkan sebagai universitas terbaik di semua universitas yang ada di Indonesia.

“Kami memberi apresiasi kepada semua civitas academica Universitas Indonesia yang telah berkontribusi pada upaya pendidikan internasional. UI masuk peringkat teratas universitas terbaik di Indonesia tentu terus tingkatkan performanya, karena target kami ialah jadi Universitas terbaik di Asia Tenggara” kata Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro pada Sabtu (24/6).

Baca Juga : Universitas Indonesia Masuk 20 Besar Universitas Terbaik Dunia

Tahun 2023 ini ialah edisi ke-11 dari THE Asia University Rankings dimana jumlah pesertanya juga meningkat dibanding tahun 2022 lalu yakni sebanyak 616 universitas. 33 negara mengikuti ajang ini, yakni Jepang 117 universitas, India 75 universitas, China 95 universitas, Iran 65 universitas, dan Turki 61 universitas.

Dari 669 universitas yang mengikuti THE Asia University Rankings 2023 ini, 5 universitas terbaik ditempati oleh Tsinghua University, Peking University, National University of Singapore, University of Hong Kong, serta Nanyang Technological University Singapura.

Universitas Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu universitas bergengsi di Indonesia dengan lingkungan kampus dan dosen yang berkualitas.

Calon mahasiswa tidak bisa masuk dengan mudah, harus melewati beragam tes dan seleksi ketat. Dari segi biaya, Universitas Indonesia memiliki beragam beasiswa untuk calon mahasiswa pintar yang terkendala administrasi.

Bagi calon mahasiswa yang masuk di jalur mandiri pun bisa menyesuaikan biaya sesuai dengan kemampuan orang tua atau penanggungnya, dengan berkonsultasi pada pihak kampus. Tak heran jika kualitas UI masuk peringkat teratas universitas terbaik di Indonesia juga diakui lembaga dunia, tidak hanya oleh lembaga tanah air.

Baca Juga : Universitas Indonesia Hapus S1 Paralel di SIMAK UI