Universitas Indonesia Hapus S1 Paralel di SIMAK UI

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI menyampaikan bahwa kini Universitas Indonesia secara resmi menghapus kelas S1 Paralel dalam SIMAK UI 2023.

Universitas Indonesia Hapus S1 Paralel di SIMAK UI
Universitas Indonesia hapus S1 Paralel di SIMAK UI. Gambar : Dok. Humas UI

BaperaNews - Universitas Indonesia menghapus kelas S1 Paralel dalam SIMAK UI 2023. Hal ini disampaikan secara resmi oleh Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Gunawan dalam acara Sosialisasi Jalur Penerimaan UI di Universitas Indonesia.

"Pada 2023 program S1 Reguler dan S1 Paralel akan dilebur menjadi Program Sarjana (S1) yang bisa ditempuh melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri. Jadi, penerimaan UI tahun 2023, Program S1 Reguler dan S1 Paralel UI dilebur menjadi Program Sarjana saja" terang Gunawan, Jumat (3/2).

S1 Paralel UI Dihapus

Walaupun keterangan S1 Paralel UI dihapus, Universitas Indonesia membagi jenis kelas S1 menjadi 3, yaitu Sarjana, Sarjana Kelas Internasional, dan Sarjana RPL. Sedangkan kelas non S1 tersedia dalam Vokasi dan Vokasi RPL.

Berbeda dengan S1 Reguler UI, program S1 Paralel adalah program sarjana yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijazah.

Penerimaan Universitas Indonesia 2023 memiliki dua jalur, yaitu nasional dan SIMAK UI. Jalur Nasional dapat ditempuh calon mahasiswa program Sarjana dan Vokasi melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Adapun Kuota SNBP UI 2023 sebanyak 20 persen dan kuota SNBT UI sebanyak 30 persen. Jalur mandiri dapat ditempuh calon mahasiswa yang memilih program Sarjana, Sarjana KKI, Sarjana RPL, Vokasi dan Vokasi RPL. UI menyediakan kuota untuk jalur mandiri sebanyak 50 persen.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI juga membeberkan besaran kuota masuk Universitas Indonesia tahun 2023 ini. Berikut jumlah kuota masuk UI 2023 untuk S1 Sarjana Reguler, Sarjana KKI, Sarjana RPL, Vokasi, dan Vokasi RPL.

Baca Juga : Vokasi UI Terapkan Mata Kuliah Komik Digital

Kuota Masuk UI 2023 :

1. Sarjana Reguler 

  • Jumlah prodi yang dibuka : 64
  • Daya tampung: 7.228

2. Sarjana KKI

  • Jumlah prodi yang dibuka: 30
  • Daya tampung: 846

3.  Sarjana RPL

  • Jumlah prodi yang dibuka: 16
  • Daya tampung: 436

4. Vokasi

  • Jumlah prodi yang dibuka: 15 (D3:9, D4:6)
  • Daya tampung: 1.500

5. Vokasi RPL

  • Jumlah prodi yang dibuka: 6 (D4)
  • Daya tampung: 150

Baca Juga : Daftar PTN Dengan Kuota Penerimaan Terbanyak di 2023