Tahun Ini, 320.000 Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK

Tahun ini 320.000 guru honorer bakal diangkat jadi PPPK, Hal ini dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

Tahun Ini, 320.000 Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK
Nadiem Makarim sapa para guru. Gambar: Gatra/Eva Agriana Ali

BaperaNews - 320.000 guru honorer akan diangkat jadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di tahun 2022 ini, hal ini disampaikan langsung oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim. Jumlahnya naik dari tahun lalu sekitar 300.000 guru honorer. Ia menyebut hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

“Walau ada beragam ketidaksempurnaan, tahun lalu 300 rb guru honorer sudah diangkat jadi ASN PPPK, tahun ini 320 ribu guru honorer juga akan diangkat jadi PPPK” ujarnya di acara Peringatan Hari Guru Nasional Sabtu (3/12).

Nadiem mengakui, memang hingga saat ini masih banyak tantangannya, salah satunya tentang formasi, banyak guru yang telah lolos passing grade namun belum mendapat formasi, maka pemerintah daerah melakukan pengangkatan pada guru-guru tersebut.

Baca Juga: Tega Lecehkan Murid, Guru SD Di Bekasi : Tak Sengaja, Tiba-Tiba Tangan Saya Bergerak

“Kami dorong Pemda untuk mengangkat guru yang lolos seleksi untuk memenuhi kebutuhan formasi guru daerah” imbuhnya. Nadiem juga mengungkap telah membuat sejumlah kebijakan untuk PPPK guru tahun 2023 mendatang dengan kolaborasi bersama Kemenpan RB dan Kemenkeu dengan izin Presiden Jokowi.

“Dengan izin Pak Jokowi, jika per Maret 2023 Pemda tidak ajukan formasi sesuai kebutuhannya, maka pemerintah pusatlah yang akan melengkapi formasi tersebut” jelasnya. Kebijakan yang dibuat ialah pemerintah pusat melengkapi kebutuhan formasi guru PPPK jika pemda tidak mengajukan kebutuhannya per Maret 2023, gaji dan tunjangan guru PPPK tidak boleh dipakai untuk keperluan lain.

“Anggaran untuk guru ASN PPPK hanya boleh ditransfer ke PPPK setelah guru honorernya diangkat, ini janji kami untuk memastikan kesejahteraan guru di Indonesia ini bisa terjamin” tegasnya. Nadiem berupaya agar Pemda berpihak kepada guru, sebab keberhasilan Negara dalam mencetak SDM unggul salah satunya di tangan guru.

“Saya tahu banyak anggota yang telah terlibat Program Merdeka Belajar, saya harapkan momen ini makin menguatkan gotong royong kita semua” pungkasnya. Pemerintah berusaha meningkatkan kesejahteraan guru honorer dengan pengangkatan PPPK meski memang masih ada banyak kendala dan tantangan.

Diantaranya tentang tidak meratanya pengangkatan, ada guru honorer yang telah lama mengabdi namun belum diangkat karena tidak lulus tes dan masalah lainnya. Namun hal ini bagian dari usaha pemerintah, segala masalah yang terjadi akan dievaluasi untuk bisa membuat kebijakan dan langkah terbaik.

Baca Juga: Simak Besaran Gaji Hingga Tunjangan PPPK Untuk Guru Dan Non Guru!