Sekolah Kedinasan Poltek Nuklir Bakal Buka Pendaftaran Mulai 13 November 2023!

Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun 2024. Simak selengkapnya!

Sekolah Kedinasan Poltek Nuklir Bakal Buka Pendaftaran Mulai 13 November 2023!
Sekolah Kedinasan Poltek Nuklir Bakal Buka Pendaftaran Mulai 13 November 2023. Gambar : Dok. BRIN

BaperaNews - Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir), salah satu sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), akan membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2024.

Perguruan tinggi vokasi ini menawarkan program Diploma IV (D4) dengan konsep Nuclear Teaching Laboratory & Industry.

Menurut informasi yang dihimpun dari laman resmi Poltek Nuklir pada Jumat (3/11), tujuan dari konsep pendidikan ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan yang relevan dengan dunia industri nuklir.

Dengan konsep ini, diharapkan mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk berlatih langsung di lapangan sehingga dapat mengurangi kesenjangan antara pendidikan dan kebutuhan industri.

Adi Abimanyu, Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Poltek Nuklir, menjelaskan berbagai mata kuliah yang akan diajarkan kepada mahasiswa.

Beberapa pengetahuan yang akan dipelajari meliputi Irradiator, Teknologi Analisis Nuklir, Non Destructive Testing (NDT), Pengolahan Mineral Radioaktif, Pengolahan Limbah Radioaktif, Reaktor, Keselamatan Radiasi dan Nuklir.

Baca Juga : Wow! Indonesia Akan Punya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Poltek Nuklir memiliki tiga program studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa:

  1. Teknokimia Nuklir
  2. Elektronika Instrumentasi
  3. Elektro Mekanika

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Poltek Nuklir adalah bantuan riset yang diberikan oleh BRIN kepada mahasiswa. Selain itu, mahasiswa dapat menjadi Research Assistance peneliti BRIN dan mendapatkan bantuan biaya studi.

Tak hanya sampai di situ, Poltek Nuklir juga memberikan bantuan studi lanjut S2 dan S3 dari BRIN kepada lulusan yang berprestasi.

Selain ilmu pengetahuan, Poltek Nuklir juga fokus pada sertifikasi kompetensi. Mahasiswa akan mendapatkan beragam sertifikasi, seperti Petugas Proteksi Radiasi (PPR) Industri tingkat 1, PPR Medis tingkat 1, Ultrasonic Testing (UT) Level 2, Operator Radiografi, K3 Umum, serta Analis Pengolah Limbah B3.

Sertifikasi ini memberikan nilai tambah kepada lulusan, karena mereka tidak hanya akan memiliki ijazah, tetapi juga lisensi sertifikasi kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik, Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2024/2025 Poltek Nuklir akan membuka dua jalur, yaitu jalur Prestasi dan jalur Ujian Tulis.

Jalur Prestasi gelombang pertama dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 13 November hingga 20 Desember 2023.

Baca Juga : Lead The Future Scholarship Buka Beasiswa Batch 3 untuk Siswa SMA-S1