Pesan Terakhir Dorce Gamalama ke Kerabat, Titip Anak Gue

Sebelum menghembuskan nafasnya, Dorce Gamalama memberikan pesan terakhir untuk kerabatnya, salah satunya kepada Hetty Soendjaya, ia hanya menitipkan anaknya kepada kerabatnya tersebut.

Pesan Terakhir Dorce Gamalama ke Kerabat, Titip Anak Gue
Dorce Gamalama berikan pesan terakhir untuk menjaga anaknya kepada kerabat. Gambar : Dok. Andy Masela/Bintang.com

BaperaNews - Sebelum meninggal dunia, Dorce Gamalama sempat memberi pesan terakhir untuk kerabatnya, salah satunya kepada Hetty Soendjaya, hal ini disampaikan Hetty setelah pemakaman Dorce Gamalama. “Sebelum masuk rumah sakit, dia bilang, titip anak-anak saya Het, tolong titip anak gue kalau gue mati” ujarnya kepada wartawan hari Rabu 16 Februari 2022.

“Terus saya bilang, sudah mbak jangan ngomong begitu, pasti Allah akan beri kesembuhan, yang penting mbak banyak dzikir, semangat untuk terus hidup, semangat sembuh harus ada” lanjutnya. Hetty juga menuturkan Dorce Gamalama merasa sudah siap dan ikhlas jika suatu hari dipanggil Tuhan, bahkan ia sempat mengungkap keinginannya untuk dimakamkan sebagai wanita.

‘Apalagi kita tahu kan kemarin heboh dengan keinginan kematiannya yang ingin seperti apa, tapi saya membenarkan dan mengingat para kyai memberi pendapat seperti itu memang benar” ujarnya. Namun banyaknya warganet yang menghujat keinginan Dorce Gamalama membuat Dorce Gamalama menjadi terganggu psikisnya dan kesehatannya menurun.

“Jadi Dorce Gamalama drop juga karena syok dengan membaca hal-hal yang isinya menghujat dia” jelasnya.

Diketahui Dorce Gamalama meninggal dunia hari Rabu pagi 16 Februari 2022 akibat terpapar covid19, ia kini sudah dimakamkan di TPU Bantar Jati Jaktim jam 14.10 WIB dengan protokol kesehatan ketat dengan disaksikan sejumlah keluarga, teman dekat, dan awak media.

Dorce Gamalama dimakamkan sebagai laki-laki sebagaimana jenis kelamin pertama kali ketika ia lahir, dan dishalatkan sesuai dengan nama aslinya Dedi Yuliardi. Setelah jenazah tertimbun tanah, baru anak-anak dan keluarga almarhum mendekat untuk mendoakan dan mengaji.

Fatimah, salah satu anak Dorce Gamalama menjelaskan alasan kenapa Dorce Gamalama dimakamkan sebagai laki-laki, ia mengatakan Dorce Gamalama sebelumnya sudah berpesan akan pasrah kepada keluarga akan dimakamkan sebagai laki-laki atau wanita.

“Mama sudah pasrah pada kita anak-anaknya dan kita putuskan sesuai dengan jenis kelamin lahirnya mama” ujarnya.

Hal ini juga disampaikan oleh pengurus Masjid AL Hayyu, Ustadz Anas Muhajir, “Ingin dimakamkan sebagai wanita kan hanya keinginan beliau, kalau ini kan yang ngurus kita semua, itu kita serahkan kepada Allah, sesuai asalnya beliau lahir sebagai laki-laki. Kita semua kan tau beliau dilahirkan dalam keadaan laki-laki jadi kita kembalikan ke asalnya, karena yang penting kita lihat keimanan beliau pada Allah bagaimana, kita tidak lihat yang lainnya” ujarnya.

Baca Juga : Model Novi Amelia Tewas Usai Lompat dari Apartemen Kalibata City